# Hadir Untuk Rakyat

Rumah Pak Kosan Kini Berganti Dari Gubuk Reyot Menjadi Bangunan Permanen Layak Huni

Hilal Merat Indonesia. Tangerang — Kepala Keluarga tersebut bernama Bapak Kosan berusia 62 tahun Ia merupakan warga RT 003 RW 01 Desa Gempol Sari Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang. Kehidupan Pak Kosan sungguh memprihatinkan tinggal bersama ke-3 orang anaknya dan seorang cucu perempuan berusia 8 tahun.

Keluarga Pak Kosan tinggal di gubuk reot dengan atap yang bocor dan hanya mengandalkan lembaran plastik bekas untuk menahan derasnya air hujan. Upaya itu hanya sekedar mengurangi deras nya bocoran air yang masuk ke dalam rumah.

Pekerjaan Pak Kosan sehari-hari sebagai Pemulung botol bekas air mineral. Penghasilannya tidak menentu. Apalagi di masa Pandemi saat ini. Sang anak perempuan yang merupakan anak bungsu telah berpisah dengan sang suami. Sehingga Ia kembali tinggal di tempat sang Ayah bersama anak perempuannya.

Hingga pada suatu saat informasi tentang Keluarga Pak Kosan sampai ke DPW HILMI-Front Persaudaraan Islam Tangerang Selatan. Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi Tangsel segera merespon baik dengan melengkapi data Pak Kosan dan segera memutuskan untuk hadir ke tempat tinggalnya.

Akhirnya Tim Relawan Kemanusiaan tiba ditempat kediaman Pak Kosan. Tim Relawan Kemanusiaan membagikan sembako (sembilan bahan pokok) serta sejumlah uang yang diserahkan langsung kepada Pak Kosan.

Peninjauan tersebut membuktikan bahwa tempat tinggal Keluarga Pak Kosan sungguh miris dan memprihatinkan serta tidak layak untuk dihuni. Gubuk reyot berdinding bilik yang sudah bolong disana-sinu. Bagian atap bocor di banyak tempat dan hanya ditambal dengan plastik sekedar mengurangi kebocoran.

Tim Relawan Kemanusiaan HIlMI Tangsel segera berkoordinasi dengan DPP HILMI-Front Persaudaraan Islam yang langsung merespon informasi tersebut. Hasil rembukan memutuskan bahwa akan dilanjutkan dengan Program Bedah Rumah bagi keluarga Pak Kosan.

Selanjutnya disusun rencana dan RAB (rencana anggaran biaya) untuk pembangunan tempat tinggal Pak Kosan. Jadi harus membangun ulang, karena jika hanya ditambal sana-sini tidak akan bertahan lama, jadi diputuskan untuk membangun ulang.

Tim Relawan Kemanusiaan DPW Hilmi Tangsel yang akan menjadi koordinator pelaksana di lapangan. Juga melakukan koordinasi dengan aparat setempat yaitu pihak Kelurahan dan Kecamatan setempat serta DPRD Tangerang. Selain itu juga menyakinkan bahwa tanah tempat berdirinya rumah tersebut adalah benar milik keluarga Pak Kosan.

Alhamdulillah gayung bersambut akhirnya pihak-pihak terkait merespon perihal keluarga Pak Kosan. Lebih lagi setelah perihal Pak Kosan muncul di beberapa Media Tanggerang. Akhirnya rencana Renovasi berubah menjadi bangun ulang.

Alhamdulillah setelah 2 minggu pengerjaan bangunan rumah Bapak Kosan rampung dan telah diserahterimakan oleh DPW HILMI-FPI kepada Bapak Kosan langsung. Tepat nya pada tanggal 29 Agustus 2021 badha Zuhur. Kini Bapak Kosan beserta ke-3 Anaknya serta Sang Cucu dapat tinggal di rumah yang layak. Tampak di wajah mereka sekeluarga rona kegembiraan serta rasa syukur dan Terima kasih kepada semua Pihak yang telah membantu.

Kami Haturkan Terimakasih sebesarnya kepada para pihak antara lain kepada Bupati Tanggerang bantuan berupa pendanaan. Selanjutnya kepada Ketua DPRD Kabupaten Tangerang bantuan berupa pendanaan. Kemudian kepada MUI Sepatan Timur bantuan berupa pendanaan. Juga kepada Toko Aneka Busa bantuan berupa isi kamar tidur. Juga tak lupa kepada Tim TPPL bantuan berupa tenaga dan pikiran. Kepada semua pihak tersebut. Atas kerelaannya membantu bersama-sama membangun rumah Bapak Kosan, demikian ucapan Bang Dede Winata selalu Ketua DPW HILMI-FPI Tangerang.

Narasumber: Dede Winata Ketua DPW HILMI-FPI Tangerang.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / # Hadir Untuk Rakyat
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *