Relawan Kemanusiaan HILMI Kalsel Membantu Pembuatan Jembatan Darurat Desa Pagat Batu Benawa

Hilal Merah Indonesia. Batu, Benawa – Derasnya terjangan arus sungai Benawa yang meluap Kamis 1 April hingga Sabtu 3 April 2021, telah membuat jembatan terputus dan kayu lantai dan pagarnya hancur tercerai berai. Jembatan sepanjang 60 meter dengan lebar 1,8 meter  ini menghubungkan Desa Baru Kecamatan Batu Benawa  dengan Desa Batu Tunggal Kecamatan Hantakan.

Fasilitas tersebut sangat penting bagi masyarakat kedua desa, karena akses menuju kebun karet dan sawah tempat bertani padi. Bahkan, saat ini warga sedang panen, sehingga untuk mengangkut hasil panen menggunakan sepeda motor, terpaksa memutar lewat Hantakan. Untuk menyeberang, sementara ini hanya ada rakit bambu.

Merespon situasi dan kondisi tersebut Tim Relawan Kemanusiaan HILMI Kalsel terjun untuk membuat jembatan darurat berupa jembatan gantung bekerjasama dengan Warga Desa Waki dan Batu Tunggal Kecamanatan Batubenawa, HST. Juga dibantu anggota Koramil Pagat, bergotong royong bersama memperbaiki pondasi jembatan yang rusak di terjang banjir sejak 1 April 2021 kemarin.

Jembatan sudah putus  pada bulan januari 2021 saat Banjir Bandang yang lalu, sebelumnya kami sudah melapor kepada Pemda. Jembatan ini sangat vital karena merupakan nakses menuju Kampung  Karatau- Mandala, Desa Murung B, dan Desa Aluan. Jembatan ini menjadi akses menuju Persawahan dan Perkebunan warga. Diperkirakan oleh para tukang untuk membangun kembali jembatan ini memerlukan 5 juta rupiah, separaruhnya adalah dana swadaya masyarakat jadi dana yang diperlukan tinggal 2,5 juta lagi yang insya Allah kami bantu”, ungkap Andi Antung.

Ini jembatan yg menghubungkan 4 desa. Yang mana ini jembatan kegunaan nya untuk akses warga untuk ke sawah dan kebun. Nanti yg mengerjakan jembatan warga gotong royong bang. Untuk pengerjaanya dikerjakan sama tukang/relawan tukang disana. Untuk hari ini karena bahan2 untuk pembangunan baru saja datang, jadi belum ada proses memperbaiki jembatan, insya Allah besok kita mulai”, tutupnya.

Setelah gotong royong membangun pondasi akan dilanjutkan membangun lantai dan pagar jembatan. Pada Hari Senin (5/7/2021) telah dilakukan penyerahan bantuan untuk memperbaiki jembatan gantung yang rusak di desa Pagat Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.  Penyerahan langsung diberikan oleh ketua Hilmi Kabupaten Hulu Sungai Tengah kepada Bapak  Arbain selaku RT 03 desa Pagat.

Sebagaimana harapan warga, serta Tim Relawan Kemanusiaan HILMI Kalsel pun berharap dengan diperbaikinya jembatan darurat ini masyarakat bisa kembali beraktivitas dengan aman tanpa harus menngunakan rakit  jika hendak menyeberang.

Narasumber: Andi Antung Tim Relawan Kemanusiaan HILMI Kalsel

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Kemanusiaan HILMI Kalsel Membantu Pembuatan Jembatan Darurat Desa Pagat Batu Benawa
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *