Relawan Kemanusiaan Hilal Merah Indonesia Di Berbagai Daerah Melakukan Penggalangan Bantuan Untuk Palestina

Hilal Merah Indonesia. Jakarta — Bentrok Israel dan Palestina 2021 terbaru di kompleks Masjid Al-Aqsa adalah yang terparah sejak bentrok tahun 2017. Masjid Al Aqsa diserang dipicu oleh upaya pemukim Yahudi selama bertahun-tahun untuk merebut rumah-rumah Palestina di dekatnya. Melansir AFP pada Senin (10/5/2021), berikut adalah kronologi bentrok Palestina dan Israel terbaru. Masjid Al Aqsa diserang dipicu oleh upaya pemukim Yahudi selama bertahun-tahun untuk merebut rumah-rumah Palestina di dekatnya.

Bermula pada akhir Ramadhan 2021 Bentrok Israel dan Palestina bermula pada Jumat (7/5/2021) ketika umat Islam memadati kompleks Masjid Al-Aqsa, guna menyambut malam Lailatul Qadar di akhir Ramadhan. Aksi kekerasan sudah meningkat di Yerusalem dan Tepi Barat sejak seminggu sebelumnya. Warga Palestina melemparkan batu, botol, dan kembang api ke arah polisi Israel yang menembakkan peluru karet dan granat kejut. Lebih dari 220 orang terluka, kebanyakan warga Palestina.

Ketegangan bermula pada Jumat pekan lalu (7/5), ketika warga Palestina memadati kompleks Masjid Al-Aqsa, guna menyambut Malam Lailatul Qadar di akhir Ramadan. Warga Palestina terus mendatangi Kompleks Masjid Al-Aqsa pada malam itu.

Aksi kekerasan sudah meningkat di Yerusalem dan Tepi Barat sejak seminggu sebelumnya. Saat Masjid Al-Aqsa menggelar shalat Tarawih pada Sabtu (8/5/2021) malam, ibadah berlangsung damai tetapi ada kerusuhan di tempat lain di Yerusalem timur. Sekitar 121 warga Palestina terluka malam itu, banyak yang terkena peluru karet dan granat kejut, ungkap Bulan Sabit Merah Palestina.

Sementara itu polisi Israel mengatakan, 17 anggotanya terluka. Sebagian besar bentrok Israel dan Palestina baru-baru ini berasal dari upaya hukum sejak lama oleh kelompok pemukim Yahudi yang ingin menggusur beberapa keluarga Palestina dari rumahnya di kawasan Syekh Jarrah, Yerusalem Timur. Putusan pengadilan yang lebih rendah awal tahun ini mendukung klaim para pemukim Yahudi dan membuat marah warga Palestina.

Kondisi tersebut tentu menjadi sorotan dunia, negeri-negeri Muslim dan Negara-negara lainnya di dunia mengecam keras kebrutalan dan kebiadaban tentara Israel dalam penyerangan kepada warga Palestina. Aksi kemanusiaan terjadi di mana-mana di dunia mendukung warga Palestina.

Hilal Merah Indonesia pun merespon kondisi genting tersebut dengan memutuskan penggalangan dana bagi warga Palestina. Dana yang diperoleh nantinya akan dipergunakan untuk urusan kemanusiaan baik obat-obatan, dukungan medis dan kebutuhan makanan warga Palestina.

Sesuai seruan Imam Besar Habib Muhammad Rizieq bin Husein Shihab tentang Palestina yaitu: “Kepada Umat Islam di tanah air mari untuk menggelar aksi bela Palestina. Tunjukkan solidaritas untuk Muslim Palestina dan Al-Quds yang saat ini telah mengalami penindasan dan serangan membabi buta dari Zionis Israel. “

Seruan tersebut telah menambah ghiroh umat untuk menggelar penggalangan bantuan untuk Palestina. Tim Relawan Kemanusiaan HILMI di berbagai wilayah telah terjun ke jalan untuk melakukan Aksi-aksi penggalangan dana. Lebih jauh Habib Ali Alhamid sebagai Ketua Umum Hilal Merah Indonesia menyatakan “setiap aksi penggalangan dana yang dilakukan oleh Relawan HILMI wajib transparan jumlah dana yang terkumpul dan diserahkan melalui rekening yang telah disepakati yaitu rekening Radio Silaturahmi Rasil.

Kerjasama ini telah dimulai sejak IB Habib Riziek melakukan ceramah rutin melalui Radio Rasil, hingga saat rekening HILMI mengalami pemblokiran. Radio Rasil hadir untuk meminjamkan rekeningnya yang akan digunakan seluruhnya untuk kegiatan kemanusiaan dan bukan kegiatan lainnya.

Hilal Merah Indonesia akan menyalurkan seluruh Dana yang terkumpul, tanpa adanya pemotongan untuk hal apapun. Demikian pula untuk pendanaan yang didapat untuk seluruh kegiatan Hilmi tidak pernah ada dan terjadi pemotongan untuk apapun. Seluruhnya akan diserahkan kepada warga Palestina di Gaza.

Kepada seluruh Relawan Kemanusiaan yang telah bergerak cekatan dan tanpa pamrih, Kami haturkan teria kaih sebesarnya. Demikian pula untuk semua Donatur serta para Dermawan yang telah bersedia membantu dalam penggalangan dana bantuan untuk Palestina Kami pun  terima kasih sebesarnya.  Semoga Allah memberikan ganjaran yang setimpal.

Narasumber: Eko Purnomo Koordinator Lapangan DPP  HILMI Front Persaudaraan Islam

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Kemanusiaan Hilal Merah Indonesia Di Berbagai Daerah Melakukan Penggalangan Bantuan Untuk Palestina
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *