Banjir Menerjang 5 Desa Di Kecamatan Satui Relawan Kemanusiaan Kalsel Terjun Membantu Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Kalimantan Selatan —  Banjir besar menerjang lima Desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan dan menelan satu korban jiwa, pada hari Minggu (16/5/2021).

Korban ditemukan oleh tetangganya yang akan mengantarkan makanan. Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir, menyebabkan meluapnya Sungai Satui, di Kecamatan Tanah Bumbu. Banjir yang mengakibatkan sedikitnya 5 Desa terendam. Ketinggian air bahkan mencapai tiga meter.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu, lima Desa yang dilanda banjir, yakni Desa Sejahtera Mulia dihuni 290 KK atau 580 jiwa, dan Desa Jombang 162 KK atau 515 jiwa. Desa Sinar Bulan 1.104 KK atau 4.413 jiwa, Desa Sungai Danau 1.745 KK atau 5.670 jiwa serta Desa Satui Barat 120 KK atau 380 jiwa. Sehingga total 11.558 jiwa atau 3.421 KK yang jadi korban banjir.

Merespon serta menyikapi kondisi itu,  Hilal Merah Indonesia Kalimantan Selatan kemudian mendirikan Posko Peduli Kemanusiaan. Melalui Posko Relawan Kemanusiaan Peduli  Satui, Tim Relawan menyerahkan bantuan untuk korban  banjir Satui pada hari Sabtu (15/5/2021). Sementara itu bantuan logistik berupa kebutuhan pokok seperti sembako (sembilan bahan pokok).

Selain itu, di pengungsian di Gedung Majlis Ta’lim Sungai Danau, Tim Relawan juga membagikan bantuan antara lain: alas tidur, selimut, pospak dan beberapa kebutuhan untuk anak lainnya.

Pengurus Hilmi Kalsel mengungkapkan bahwa Relawan Kemanusiaan Hilmi selalu berusaha untuk memberikan bantuan sedapat dan secepat mungkin. Semoga dengan datangnya bantuan tersebut, mampu meringankan beban saudara kita yang tengah dilanda musibah.

Narasumber: Fifi Media Kalsel

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bencana / Banjir Menerjang 5 Desa Di Kecamatan Satui Relawan Kemanusiaan Kalsel Terjun Membantu Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *