Tim Relawan Kemanusiaan Bergerak Terjun Membantu Warga Terdampak Banjir Bandang Di Dusun Sonco Desa Sonolo Kabupaten Bima NTB

Hilal Merah Indonesia. Bima – Hujan yang mengguyur seluruh wilayah Kabupaten Bima sejak tanggal 1 April 2021 hingga 3 april  2021 telah menyebabkan bendungan di empat Kecamatan meluap, sehingga menggenangi persawahan dan perumahan warga.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Nusa Tenggara Barat berkoordinasi dengan BPBD n Bima, yaitu Kecamatan Madapangga; Kecamatan Bolo; Kecamatan Woha; dan Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).  BPBD juga mencatat sebanyak 7.958 rumah warga terendam. Sementara itu ada 21.662 jiwa terdampak.

Merespon situasi dan kondisi tersebut Relawan Kemanusiaan Hilal Merah Indonesia segera melakukan koordinasi baik internal maupun dengan DPP Hilmi Jakarta. Relawan Kemanusiaan bergerak ke Dusun Sonco Desa Sonolo Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat.

Di lokasi yang terdampak banjir bandang yang terkena antara lain rumah warga, Mushollah, kemudian tambak garam, sawah dan juga peternakan banyak yang hancur akibat banjir bandang dan hal ini tentu sangat berdampak pada perekonomian warga dilokasi bencana. Relawan Kemanusiaan bersama warga setempat melakukan pembersihan area lingkungan yang terkena banjir bandang secara swadaya tanpa adanya bantuan dari luar.

Sementara jumlah korban terdampak tercatat sebagai berikut: Data warga yang terkena dampak  banjir bandang Dusun Sonco 1 Desa Sanolo Rt 01 56 KK; Rt 02 54 KK; Rt 03 53 KK; Rt 04 58 KK, total jumlah Kepala Keluarga Dusun Sonco 1 221 KK. Jumlah laki-laki 316 jiwa sementara jumlah perempuan 323, jumlah jiwa total 639 jiwa.

Sedangkan untuk Dusun Sonco 2 Desa Sanolo jumlah Kepala Keluarga yang terdampak  di Rt 06 56 KK; Rt 07 58 KK; Rt 08 56 KK; Rt 09 50 KK (dan hanya 11 KK yang terkena banjir). Jumlah keseluruhan KK di Dusun 2 ada 324 Kepala Keluarga. Terdiri dari Lelaki 502 jiwa dan perempuan 536 jiwa total keseluruhan 1.026 jiwa.

Tim Relawan Kemanusiaan telah membagikan sejumlah bantuan berupa 70 paket sembako yang berasal dari para Donatur serta dari DPP Hilmi dan sahabat lainnya. Sebelumnya juga Relawan Kemanusiaan telah membagikan 20 Al-quran, 5 Mukena, 2 sajadah, 2 kotak Mie Instan serta jaket dan baju hangat layak pakai.

Kendala yang dihadapi di lapangan adalah jauhnya jarak antara lokasi yang harus ditempuh untuk menuju ke lokasi, menempuh jarak berkisar 125 KM. Perwakilan Relawan Kemanusiaan Hilalal Merah Indonesia terdiri dari Ibu Khanza beserta suami dan 3 orang sahabat suaminya.

Berdasarkan pengamatan Tim Relawan Kemanusiaan langkah awal yang harus dilakukan  adalah pembersihan lokasi yang terdampak, kemudian  selanjutnya pemulihan ekonomi bagi warga karena ladang usaha tempat usaha seperti pertanian, peternakan, perikanan dan pembuatan garam masyarakat banyak yang hancur.

Saat ini yang warga butuhkan di lokasi bencana adalah pakaian layak pakai, peralatan sholat dan lainnya. Sementara kegiatan yang dilaksanakan oleh Relawan Kemanusiaan sejak tanggal 5 April 2021 dan tanggal 14 April 2021.

Narasumber: Khanza Azkadina Relawan Kemanusiaan Bima NTB

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Tim Relawan Kemanusiaan Bergerak Terjun Membantu Warga Terdampak Banjir Bandang Di Dusun Sonco Desa Sonolo Kabupaten Bima NTB
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *