Pasca Bencana, HILMI FPI bersama Majelis Liwaul Musthofa dan RASIL Bantu Warga di Kupang, NTT

Pasca Bencana, HILMI FPI bersama Majelis Liwaul Musthofa dan RASIL Bantu Warga di Kupang, NTT

Sejumlah kawasan di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) porak-poranda usai diterjang banjir dan angin kencang sejak Minggu (4/4/2021) hingga Senin (5/4/2021). Sejumlah jalanan dan fasilitas umum tampak terputus dan rusak parah.

Lima kabupaten dan satu kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) pekan lalu dilanda berbagai bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, longsor dan banjir rob. Bencana itu akibat cuaca ekstrem yang dipicu oleh dua bibit siklon tropis.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sudah mendeteksi keberadaan bibit siklon tropis 99 S yang mulai terbentuk di sekitar Laut Sawu, NTT sejak 2 April lalu.

Selain fasilitas umum, tidak sedikit rumah warga yang menjadi korban akibat cuaca esktrem yang terjadi dan memporak-porandakan sebagian bangunan rumah warga. Melihat kondisi warga atas priswita musibah tersebut serta arahan yang diberikan Imam Besar Al-Habib Muhammad Rizieq Syihab untuk turut andil dalam membantu antar sesama, Hilal Merah Indonesia – Front Persaudaraan Islam bersama RASIL (Radio Silaturahmi) dan Majelis Liwaul Musthofa bersama-sama semampunya membantu meringankan beban saudara-saudaranya yang tertimpa musibah di Kota Kupang dan sekitarnya.

Melalui relawannya sedikitnya 61 paket sembako diberikan kepada warga baik muslim dan non-muslim dengan membagikan 30 paket sembako kepada warga dan 1 paket untuk dapur umum yang terdiri 5 KK di Kelurahan Airmata (RT 01 s/d RT 08) Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang. Sedangkan 30 paket sembako lagi diberikan ke warga Kelurahan Mantasi (RT 03 s/d 05) Kecamatan Alak, Kota Kupang.

Selama menjalankan misi kemanusiaan disana, Alhamdulillah tim relawan dibantu oleh remaja Masjid Al-Baitul Qadim Airmata dan merencanakan akan menyalurkan bahan bangunan kepada warga.

Selanjutnya, In Sya Allah besok kita akan bergerilia mencari seng dan paku, rencananya akan dibagikan kepada warga yang rumahnya dikategorikan tidak mampu dan rumah yang berkategori rusak berat (RB), dimana masing-masing rumah akan diberikan 10 Seng dan 2 Kg Paku Seng,” lapor salah satu tim relawan HILMI FPI di Kupang, kamis 08 April 2021.

Berlanjut di keesokan harinya, jum’at 09 April 2021, tim relawan HILMI FPI membagikan 200 seng serta 20 Kg paku seng kepada warga yang berada di Kel. Airmata dan Kel. Kampung Solor, Kec. Kelapa Lima, serta Kel. Mantasi dan Kel. Fatufeto, Kec. Alak.

Pembagian yang dilakukan tersebut diberikan kepada 5 warga yang rumahnya rusak ringan dan 18 warga yang rumahnya rusak berat.

Untuk yang rusak ringan kami berikan 5 lembar seng dan 1 kg paku seng, sedangkan untuk yang rumahnya rusak berat kami berikan 10 lembar seng dan 1 kg paku seng untuk masing-masing warga baik muslim dan non-muslim,” kata tim relawan HILMI FPI di Kupang.

Hingga saat ini, misi kemanusiaan HILMI FPI masih terus berlangsung dan masih terus menyisiri warga yang layak untuk mendapat bantuan.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bedah Rumah / Pasca Bencana, HILMI FPI bersama Majelis Liwaul Musthofa dan RASIL Bantu Warga di Kupang, NTT
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *