Front Persaudaraan Islam Dan POPTI (persatuan orang tua penderita Thalasemia) Menggelar Donor Darah di Kota Bogor

Hilal Merah Indonesia. Bogor — Untuk melakukan amal kebaikan bukan hanya dengan Harta, dengan setetes darah donor pun akan sangat berarti untuk membantu saudara-saudara kita yang menderita kelainan Thalasemia.

Thalasemia adalah kelainan darah bawaan (genetik) yang ditandai oleh kurangnya protein pembawa oksigen (hemoglobin) dan jumlah sel darah merah dalam tubuh yang kurang dari normal.

Kelainan ini membuat penderitanya mengalami anemia atau kurang darah. Kurang darah yang dialami penderita thalasemia akan menimbulkan keluhan cepat lelah, mudah mengantuk, hingga sesak napas. Akibatnya, aktivitas penderita Thalasemia akan terganggu.

Thalasemia perlu diwaspadai, terutama Thalasemia Berat (mayor), karena dapat menyebabkan komplikasi berupa gagal jantung, pertumbuhan terhambat, gangguan hati, hingga kematian. Di tahap berat (parah) inilah penderitaan Thalasemia memerlukan transfusi darah atau transplantasi sel induk donor.

Karenanya merespon kondisi medis tersebut Front Persaudaraan Islam Kota Bogor bekerja sama dengan POPTI menggelar kegiatan donor darah di Kota Bogor. Kegiatan ini tidak terbuka untuk umum dan hanya dikhususkan bagi anggota POPTI Kota Bogor serta anggota Front Persaudaraan Islam Kota Bogor. Kegiatan ini dipimpin oleh Ustad Asep sebagai Koordinator Lapangan.

POPTI merupakan organisasi perhimpunan orang tua penderita Thalasemia Indonesia, anggotanya terdiri dari orang tua pasien Thalassemia. POPTI mengungkapkan jumlah penderita Thalassemia di Jawa Barat tertinggi di Indonesia. Di antaranya banyak terdapat di Kota Bogor. Berdasarkan penjelasan Ketua Popti Indonesia di Kota Bogor tercatat 550 penderita Thalassemia mulai usia 6 bulan hingga 41 tahun, ujar Ketua Popti Nasional Ruswandi.

Kegiaatan Donor Darah ini merupakan kegiaan bersama antara Front Persaudaraan Islam bersama MPI Kota Bogor menggelar kegiatan donor darah bekerjasama dengan Persatuan Orang Tua Penderita Thalasemia Kota Bogor.

Alhamdulillah Front Persaudaraan Islam Kota Bogor beserta MPI Kota Bogor mendapatkan  penghargaan dari ketua PMI Kota Bogor  karena selama ini Front Persaudaraan Islam Kota Bogor sangat peduli dengan penderita Thalasemia.

Kegiatan donor darah ini dapat mengumpulkan 20 x 125 cc (20 kantong darah). Sekecil apa pun yang kita jadikan amal, akan tetap mendapatkan pahala oleh Allah SWT.

Narasumber: Habib Ali Bin Syech Alhabsyi Relawan Kemanusiaan Front Persaudaraan Islam Kota Bogor

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Front Persaudaraan Islam Dan POPTI (persatuan orang tua penderita Thalasemia) Menggelar Donor Darah di Kota Bogor
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *