Banjir Bandang dan Longsor Melanda Sumedang Relawan Kemanusiaan Turun Membantu Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Sumedang – Banjir bandang dan longsor melanda Kabupaten Sumedang, Jawa barat. Hujan dengan intensitas tinggi ini menyebabkan Sungai Citengah meluap akibatnya limpahan air dan lumpur merendam rumah warga.

Manajer Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mengatakan, banjir bandang tersebut terjadi di Kampung Karuhun, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Satu warga yang mengalami luka akibat bencana tersebut bernama Oleh, warga Desa Cijolang. Sedangkan, satu warga yang masih dalam pencarian bernama Wareng (40), warga Desa Citengah, kemungkinan tertimbun longsoran dan terbawa hanyut sungai. Lokasi hilang di area Villa Putri.

Beberapa warga masih saling bantu untuk pencarian dan evakuasi di beberapa rumah yang terendam banjir luapan air dari Sungai Citengah. Sementara korban yang terluka sudah dibawa ke RS Sumedang.

Sementara itu Tim Relawan Kemanusiaan Kabupaten Sumedang tak lama mendengar peristiwa tersebut segera memutuskan menerjunkan Tim Relawan Kemanusiaan untuk segera bergerak turun ke lapangan membantu warga.

Relawan Kemanusiaan HILMI Sumedang terjun membantu evakuasi barang milik warga terdampak luapan air sungai. Selain itu Relawan Kemanusiaan juga memberikan bantuan kepada korban atas nama Heru Sukandar di Dusun Ciawi Rt 02 Rw 04 Desa Gunasari Kecamatan Sumedang Selatan.

Rumah korban dihantam air sungai yang meluap sekitar pukul 16:20 , sehingga menyebabkan 2 rumah rusak, air masuk hingga 1meter kedalam rumah. Relawan Kemanusiaan Sumedang langsung terjun ke lapangan untuk membantu evakuasi warga serta barang dan membersihkan lumpur yang tersisa di dalam rumah.

Personil Relawan Kemanusiaan yang terjun ke lapangan terdiri dari 10 personil di Pimpin oleh saudara Agung.
Sementara itu evakuasi dilakukan dari pagi hari hingga malam.

Sementara titik lokasi terjadinya longsor di Desa Citengah tepatnya di depan Rumah Makan Ikan Bakar Citengah dan di beberapa titik jalur menuju Citengah. Kondisi longsoran dari arah Kampung klKaruhun Desa Citengah, menutupi akses jalan dan ada beberapa warga yang tidak bisa lewat untuk melewat. Saat ini longsoran sudah di pinggir kan dan jalan sudah bisa dilintasi kembali.

Narasumber: Agung Relawan Kemanusiaan Hilal Merah Indonesia Sumedang.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bencana / Banjir Bandang dan Longsor Melanda Sumedang Relawan Kemanusiaan Turun Membantu Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *