Relawan Kemanusiaan Purbalingga Merenovasi Rumah Tidak layak Huni Milk Bapak Rosyidin

“Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya”

Hilal Merah Indonesia. Purbalingga — 13 Maret 2021, Desa Limbangan adalah desa yang terletak di utara Kabupaten Purbalingga yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyumas. Di desa limbangan terdapat Kepala Dusun  yang membawahi beberapa RT dan RW.

Desa Limbangan  termasuk dalam wilayah Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga bagian barat. yang memiliki batas-batas administratif sebagai berikut: Sebelah utara: Desa Cendana; Sebelah Timur: Desa Candiwulan Karang reja; Sebelah selatan: Desa Karangaren; Sebelah Barat: Desa Kabupaten Banyumas.  Desa Limbangan  Kecamatan Kutasari  memiliki luas wilayah 211,370 Ha yang secara administratif terbagi dalam 4 (empat) Dusun, 10 (sepuluh) RW dan 20 (dua puluh) RT.

Di salah satu Desa tinggalah Bapak Rosidin bersama keluarganya. Ia tinggal di sebuah rumah yang tidak layak huni.  Alhamdulillah rumah nya telah masuk ke dalam program sosial bedah rumah yang dilakukan oleh Relawan Majelis Ukhuwah Islamiyah Purbalingga yang merupakan mantan anggota FPI.

Majelis Ukhuwah Islamiyah Purbalingga terus menjalankan program sosial bedah rumah di berbagai pelosok wilayah Kabupaten Purbalingga dengan target 1 bulan 1 rumah. Mereka berpegang teguh atas sabda Baginda Nabi Muhammad ‘alaihi wassolatu wassalam yaitu “Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.”  Ber pijak pada semangat mengamalkan hadits  tersebut Relawan tetap bergerak membantu kaum Dhuafa.

Program ini di jalankan oleh para Relawan dengan pendanaan  mandiri swadaya anggota Majlis Ukhuwah Islamiyah.  Pada bulan maret ini Alhamdulillah Majlis Ukhuwah Islamiyah Purbalingga telah berhasil menyelesaikan Bedah Rumah Bapak Rosyidin berusia 40 tahun yang merupakan salah satu warga Purbalingga.

Bapak Rosidin merupakan anak ke-6 dari tujuh bersaudara, tepatnya tinggal di Desa Limbangan RT 09 RW 05 Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga. Beliau tinggal bersama  Istrinya Firli Khasanah berusia 38 tahun dan dua orang anak laki-laki bernama Abas berusia 16 tahun serta Samudra 12 tahun dan seorang anak perempuan bernama Atika berusia 9 tahun.

Dikesehariannya Bapak Rosidin bekerja sebagai penjahit tidak tetap. Ketika selesai menjahit beliau mengajarkan Al Qur’an kepada warga disekitarnya. Sedangkan sang istri bekerja sebagai Pengajar di Tpq di sekitar tempat tinggalnya. Dengan kondisi ekonomi yang kurang beruntung, membuat kondisi tempat tinggal mereka sudah sangat memprihatinkan karna banyaknya atap yang bocor, dinding bambu yang dimakan rayap dan tiang penyangga yang mulai keropos.

Alhamdulillah setelah mendapatkan informasi tetang Bapak Rosyidin dari seorang Laskar, Tim Relawan Majlis Ukhuwah Islamiyah Purbalingga langsung meluncur untuk melakukan bedah rumah, dengan biaya total sebesar  10.5 juta rupish.

Ukuran rumah Bapak Rosyidin berukuran 8 x 9 meter. Sementara bagian yang di bangun kembali adalah bagian atap rumah serta tiang penyangga. Tim Relawan yang terlibat berjumlah 15 orang personil dari Laskar kemudian 15 orang personil dari Pemuda Muhammadiyah. Proses kerja berlangsung selama 11 hari bergilir bergantian dipimpin oleh Ustad Ali Mubarok.

Pendanaan diperoleh dari berbagai pihak antara lain DPP HILMI, DPW Front Persaudaraan Islam Purbalingga, juga dari Laskar, kemudian Pemuda Muhammadiyah serta para simpatisan.

Alhamdulillah kini rumah Bapak Rosyidin  sudah lebih baik dan layak untuk ditempati. Dan Jangan lupa sertakan kami dalam setiap Doa Anda agar Kami selalu istiqomah.

Narasumber:  Ustad Ali Mubarok Relawan Kemanusiaan Purbalingga

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Kemanusiaan Purbalingga Merenovasi Rumah Tidak layak Huni Milk Bapak Rosyidin
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *