200 Lebih Warga Pemulung Jurangmangu Pondok Aren mendapatkan Pengobatan Gratis Relawan Kemanusiaan HILMI

Hilal Merah Indonesia. Pondok Aren — Program Bakti Sosial berupa Pengobatan Gratis telah dilaksanakan pada hari Sabtu 20 Maret 2021, di kapling jalan Ceger Iwapi Jurangmangu Barat Pondok Aren. Program pengobatan gratis ini ditujukan bagi Warga Pemulung yang berada di jalan Iwapi Jurangmangu Barat Pondok Aren, agar warga yang mengalami gangguan kesehatan dapat berkonsultasi sekaligus berobat.

Program ini terselenggara atas kerjasama yang solid antara DPW Hilmi Tangsel berperan sebagai Koordinator wilayah, kemudian DPW Hilmi Kota Bekasi berperan sebagai koordinator Tim Medis serta DPP Hilmi yang berperan sebagai Tim Peliputan atau Tim Media. Juga bekerja sama dengan Komunitas Khadijah SJB Peduli Sesama yang membagikan sembako, serta tak lupa juga penggiat sosial di Lapak Pemulung Mbak Ina dan kawan-kawan nya.

Beberapa hari sebelumnya sudah di data dan didaftarkan warga pemulung yang akan ikut program pengobatan gratis tersebut dan telah terdaftar 125 orang warga pemulung. Namun saat pelaksanaan pada hari Sabtu 20 Maret 2021 jumlah tersebut bertambah menjadi sekitar 200 lebih warga pemulung.

Hal ini mungkin terjadi karena Para Pemulung mendengar ada pembagian sembako, akibatnya saat waktu istirahat selesai  warga dari kapling Iwapi berbondong-bondong untuk hadir setelah waktu istirahat. Awalnya sempat terjadi saling sela dan saling mendorong antara warga pemulung namun Alhamdulillah akhirnya warga pemulung Iwapi dapat ditenangkan oleh Panitia dan Pak RT setempat.

Adapun rangkaian kegiatan bakti sosial tersebut sebagai berikut:

08.00 – 09.00 wib:

* Sambutan dari DPW HILMI Tanggerang Selatan dan perwakilan Perangkat Desa

* Pengobatan Kauniyah oleh Ustad Dimas Bekasi

* Penjelasan Prokes oleh Bidan Rusmiati

09.00 – 12.00 wib: Kegiatan Baksos Pengobatan Gratis

12.00 – 13.00 wib: istirahat, sholat, makan siang

13.00 – 15.00 wib: pengobatan gratis

15.10 wib: penutupan kegiatan bakti sosial.

Sementara itu Tim Medis yang berangkat ke lokasi antara lain:

1. dr. Rudolf

2. dr. Aswan

3. dr. syam

4. Bidan Iyunk

5. Bidan Widie

6. Mukhlis perawat

7. Imam ghani perawat

8. Hamzas perawat

Untuk mengantisipasi jika terjadinya hujan maka panitia mendirikan tenda untuk pelaksanaan kegiatan pengobatan gratis tersebut. Bahkan andaikata terjadinya hujan yang sangat lebat kegiatan akan dipindahkan di masjid yang berada tidak jauh dari lokasi tenda.

Berdasarkan data yang disimpan oleh Tim Medis HILMI Kota Bekasi didapatkan data rekaman medis dari seluruh warga yang berobat sebagai berikut:

– batuk pilek

– gangguan Magh

– darah tinggi

– diabetes

– gatal-gatal

– pusing-pusing

Kemudian jumlah Laki-laki Dewasa dan orang tua 25 orang Laki-laki dan 26 orang anak. Kemudian perempuan Dewasa dan Orang tua terdapat 144 orang. Perempuan anak-anak 20 orang. Total keseluruhan terdapat 215 orang pasien.

Alhamdulilah selama acara berlangsung kondisi cuaca tetap cerah juga agak terik dan tidak turun hujan. Semua para warga pemulung yang akan berobat dapat terlayani semuanya.

Narasumber: Aris Ayyash; Dede Winata; Ibu Ina, Wan Mansyur Yani;  Tesario Ananta Firdaus, Relawan Kemanusiaan Hilmi Front Persaudaraan Islam.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / 200 Lebih Warga Pemulung Jurangmangu Pondok Aren mendapatkan Pengobatan Gratis Relawan Kemanusiaan HILMI
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *