Relawan Kemanusiaan Pekalongan Mengadakan Pengobatan Gratis Bagi Warga Terdampak Banjir Dukuh Boyongsari

Hilal Merah Indonesia. Pekalongan — Sebagai upaya untuk mendorong gairah hidup masyarakat sehat paska banjir, Relawan Kenanusiaan Hilal Merah Indonesia (HILMI) bekerjasama dengan Rumah Sakit H.A. Zaky Djunaid, menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga terdampak banjir di Dukuh Boyongsari Gedangan RW 06 Kelurahan Panjang Baru Pekalongan, Senin 8 Maret 2021. RS  H. A. Zaky  Djunaid berada di alamat  Jl. Pelita 2, Buaran, Pekalongan Barat, Bumirejo, Kecamatan Pekalongan Barat,  Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51117.

Rumah Sakit H.A. Zaky Djunaid Kota Pekalongan merupakan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat di bawah naungan Yayasan H.A. Djunaid, yang berawal dari fasilitas kesehatan Klinik H.A. Djunaid yang diresmikan pada tanggal 16 September 2008.

Seiring perkembangan pada tanggal 1 januari 2011 berkembang  peresmian Fasilitas Kesehatan Rumah Sakit H.A. Djunaid dengan type D. Pada tanggal 10 Februari 2017 mengalami perkembangan yang sangat pesat di dalam pelayanan kesehatan masyarakat dan mengalami perubahan nama menjadi RS. H.A. Zaky Djunaid. Di tahun 2017 Rumah Sakit H.A. Zaky Djunaid telah lulus Akreditasi dari Komisi Akreditas.

Dalam kegiatan kali ini melibatkan 12 tenaga medis (3 dokter, 3 perawat, dan tim apoteker) dari RS. H.A Zaky Djunaid Pekalongan dan Relawan Kemanusiaan HILMI Pekalongan. Masyarakat mendapatkan pemeriksaan medis umuk, cek tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula. Selain itu warga juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter umum. Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Rukun Warga setempat serta dihadiri oleh Lurah Kelurahan Panjang Baru serta Bhabinkamtibmas Polsek Pekalongan Utara.

Kegiatan pengobatan gratis ini adalah kelanjutan dari kegiatan yang dilakukan oleh Relawan HILMI selama banjir di Pekalongan. Ini merupakan kegiatan  paska banjir  setelah hampir satu bulan daerah ini terendam banjir. Dengan mengadakan pengobatan gratis bagi warga terdampak banjir. Kegiatan ini merupakan tahap awal. Insya Allah akan ada tahapan selanjutnya demikian keterangan Habib Hafidz Mauladawilah Ketua HILMI Kabupaten Pekalongan.

Tim Relawan Kemanusiaan yang terjun dilapangan terdiri dari 7 personil adalah antara lain: Habib Hafidz Mauladawilah; Muh Son Haji; A. Faiz; Thufail L.T.; Syawal dan Alex.

Warga masyarakat sekitar menyambut dengan antusias dan sudah hadir sebelum kegiatan di mulai. ketua RW 06 menuturkan pihaknya mengucapkan banyak terima kasih kepada HILMI dan segenap tenaga Medis atas kegiatan yang diadakan di wilayahnya tersebut. “Saya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih banyak semoga bermanfaat”.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan oleh Lurah Panjang Baru atas kegiatan ini. “Apresiasi yang tinggi untuk tim Medis dan Relawan Kemanusiaan HILMI terimakasih semoga bisa bersinergi kembali” ucapnya.

Sementara itu di akhir kegiatan dr. Melati memberikan keterangannya tentang kondisi warga sekitar mengalami gangguan kulit akibat banjir dan batuk serta penyakit ringan yang lain. Beliau juga berharap warga sekitar dapat lebih peduli akan kesehatan dan segera periksakan diri ke Puskesmas terdekat jika mengalami gangguan kesehatan.

Narasumber: Habib Hafidz Mauladawilah Ketua HILMI Kabupaten Pekalongan

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Kemanusiaan Pekalongan Mengadakan Pengobatan Gratis Bagi Warga Terdampak Banjir Dukuh Boyongsari
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *