Pergeseran Tanah Makin Membesar Relawan Kemanusiaan Purwakarta Bantu Warga Terdampak Selama 14 Hari

Hilal Merah Indonesia. Purwakarta — Sejumlah rumah di Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta rusak parah dan tiga di antaranya roboh, Minggu (7/2/2021). Peristiwa ini terjadi akibat tanah di perkampungan itu bergerak atau bergeser (landslide) akibat terus menerus diguyur hujan.

Selain merusak rumah, pergerakan tanah ini juga menyebabkan jalan desa terputus. Sehingga aktivitas warga nyaris lumpuh. Begitu pula sebagian penghuni yang rumahnya rusak harus diungsikan ke kerabat terdekatnya.

Penyebab pergerakan tanah ini terjadi lantaran adanya alih fungsi lahan yang awalnya hutan dengan tanaman pohon keras menjadi perkebunan. Alih fungsi lahan itu pun mengakibatkan hilangnya tanaman pohon keras dan mengakibatkan tanah menjadi rapuh. Penyebab kedua, adanya eksploitasi bebatuan, yang mengahibatkan hilangnya penahanan tanah.

Berdasarkan pengamatan dan penjajagan langsung dilapangan Relawan Kemanusiaan Hilal Merah Indonesia (HILlMI) terdapat 82 rumah mengalami rusak parah. Sementara di lokasi pergeseran tanah semakin membesar dan mengakibatkan tanah-tanah menjadi amblas ke dalam.

Selama berada disekitar lokasi kejadian Tim Relawan Kemanusiaan bersama Relawan lainnya membatu mengevakuasi korban dan barang barang yang masih bisa diselamatkan. Kemudian Tim Relawan Kemanusiaan juga menyalurkan kebutuhan mereka yang terdampak berupa sembako untuk kebutuhan sehari-hari. Tim Relawan Kemanusiaan berada dilapangan selama  14 hari.

Selama 14 hari dilapangan Tim Relawan Kemanusiaan Hllmi Purwakarta telah membagikan antara lain: beras, mie instan, sarden, air mineral, susu kental manis dan minyak goreng. Tim Relawan Kemanusiaan membagikan hasil penggalangan Dana anggota Relawan tahap pertama sebanyak 96 paket sembako. kemudian banyak dari aliansi kelompok yang lain ikut pula berpartisipasi. Tim Relawan Kemanusiaan HILMI Purwakarta berada di lokasi selama 14 hari, dimulai sejak tanggal 7 Februari hingga tanggal 22 Februari 2021.

Sementara ini untuk kondisi dilapangan berdasarkan Hasil Penjajakan di lapangan untuk Sembako bisa dikatakan sudah cukup. Hanya saja banyak dari warga terdampak yang tidak memiliki simpanan uang, sehingga tidak bisa beraktivitas untuk memperbaiki kondisi rumah mereka. Apalagi jika harus pindah ke tempat baru. Namun dalam waktu yang berbeda Bupati Purwakarta  dalam kunjungannya berjanji akan merelokasi pemukiman warga ke tempat yang baru.

Narasumber: Habib Usman bin Hamid Alhabsyi Ketua DPW Hilmi Purwakarta

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Pergeseran Tanah Makin Membesar Relawan Kemanusiaan Purwakarta Bantu Warga Terdampak Selama 14 Hari
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *