Banjir Kepung Desa Sindangsari Cabangbungin Relawan Kemanusian HILMI Bergerak Membantu Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Cabangbungin —  Jebolnya tanggul Sungai Citarum yang terletak di Kampung Babakan Banten, Desa Sumberurip, Kecamatan Pabayuran, Kabupaten Bekasi, Minggu 21 Februari 2021, mengakibatkan wilayah Kecamatan Cabangbungin terkena dampak luapan air yang terus merangsek masuk ke wilayah perbatasan sehingga beberapa desa mengalami kebanjiran.

Sebelumnya, Kali Ciherang sudah hampir dua minggu ini meluap ditambah kiriman air dari Pebayuran sehingga Desa Sindangsari terkepung banjir. Kondisi ini membuat Desa Sindangsari nampak seperti lautan. Banyak wilayah persawahan yang terendam banjir sehingga nampak seperti lautan. Desa Sindangsari menerima kiriman luapan air Kali Ciherang dan Kali Butek yang akhirnya menyebabkan warga terkena banjir. Kemudian air dari Pebayuran pun masuk ke wilayah Desa Sindangsari.

Ketinggian air mencapai tiga meter hingga masuk ke rumah-rumah penduduk. Sementara jumlah rumah penduduk yang terkena banjir semakin bertambah, hampir 2.000 kepala keluarga berdasarkan keterangan Lurah setempat. Titik banjir wilayah yang terkena luapan Sungai Ciherang ada 6 Desa diantaranya, Desa Sindang Jaya, Jaya Bakti, Sindang Sari, Jaya Laksana, Setia Laksana dan Desa Setia Jaya, namun dua desa sisanya terdampak banjir akibat luapan sungai Citarum.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna PK Cabangbungin, Rahmat Sidik mengatakan, terkait banjir yang melanda di wilayah Kecamatan Cabangbungin, sebelumnya banjir tidak pernah separah banjir sekarang. Ini merupakan banjir yang terparah yang pernah kami alami.

Sindangsari adalah desa di kecamatan Cabangbungin, Bekasi, Jawa Barat. Desa ini memiliii 8 Dusun Yaitu: Kampung Putat;  Kampung Pulo Glatik;  Kampung Pulo Tanjung; Kampung Pulo Tapis; Kampung Pulo Landak; Kampung Pulongandang Duri; Kampung Pulongandang Tengah;  Kampung Pulongandang Kulon.

Kampung yang terparah di wilayah Desa Sindangsari adalah Kampung Pulongandang. Kampung Pulongandang terisolir oleh banjir dan warga tidak bisa pergi kemana-mana sehingga warga sangat bergantung distribusi logistik dari Para Relawan.

Merespon Kondisi ini Relawan Kemanusiaan Kota Bekasi berkoordinasi dengan Relawan Kemanusiaan Hilmi Kabupaten Bekasi bekerjasama terjun membantu mengevakuasi warga terdampak dan membagikan logistik. Selanjutnya Relawan Kemanusiaan Hilmi Kota Bekasi meminjamkan perahu karet bermesin kepada Relawan Hilmi Kabupaten Bekasi untuk dipergunakan baik mengevakusi warga ataupun untuk mengirimkan bantuan logistik.

Sementara itu Relawan Kemanusiaan DPP Hilmi juga sigap terjun dengan memberikan 1000 Kotak Nasi Kebuli yang dibagikan untuk warga terdampak di Desa Sindangsari Kecamatan Cabangbungin. Tim Relawan DPP Hilmi berkoordinasi dengan Tim Relawan Kota Bekasi dan Relawan Kabupaten Bekasi yang berada di lokasi. Bantuan logistik tersebut diantarkan langsung ke lokasi di Posko Dapur Umum Hilmi yang dikoordinasikan oleh Tim Relawan Hilmi Kabupaten Bekasi. Posko ada di Kampung Pulo Glatik Desa Sindangsari Kecamatan Cabangbungin.

Setelah Kiriman logistik tiba di Posko dan diturunkan. Pj Posko Dapur Umum mengkontak Ketua RT sekitar wilayah untuk mengambil bantuan logistik tersebut. Situasi di awal pembagian sempat tenggang dan bertensi tinggi karena setiap Ketua RT bersikukuh bahwa wilayahnya lah yang lebih dulu mendapatkan bantuan logistik.

Hal lainnya adalah bantuan logistik yang Relawan Kemanusiaan DPP Hilmi kirimkan jumlahnya yang 1000 kotak tidak akan cukup memenuhi kebutuhan, selain itu bantuan logistik itu adalah bantuan logistik yang pertama kali datang sehingga warga sangat antusias untuk mendapatkan nya.

Alhamdulillah kondisi itu tidak berlangsung lama dan dapat ditenangkan oleh kerjasama antara Tim Relawan DPP Hilmi dan Tim Relawan Kabupaten Bekasi. Kami menjelaskan bahwa bantuan yang datang baru yang pertama jadi mereka harus sabar, karena jumlah yang ada di Posko tidak akan cukup. Jadi harus ada yang didahulukan mendapatkan bantuan terutama untuk orang tua, Anak-anak, Ibu Hamil, dan orang yang sedang sakit, sedangkan anak muda yang fisiknya masih kuat harap untuk bersabar karena bantuan logistik akan datang lagi.

Sejak tanggal 23-24 Februari 2021 telah dibagikan sebanyak 2000 bungkus paket makanan siap saji, sedangkan berikutnya akan dikirim kan sembako karena di Posko Relawan sudah ada tim yang akan memasak untuk warga terdampak.

Narasumber: Eko Purnomo, Thesario Firdaus, Firman Opay Relawan DPP HILMI

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Banjir Kepung Desa Sindangsari Cabangbungin Relawan Kemanusian HILMI Bergerak Membantu Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *