Banjir Di Pekalongan Tahap Ke-2 Relawan Kemanusiaan Pekalongan Sigap Bergerak Membantu Warga

Hilal Merah Indonesia. Pekalongan — Jawa Tengah, belum juga surut. Warga terdampak menyebut kondisi banjir merendam kota Pekalongan sebagai banjir berjilid-jilid sejak akhir Januari 2021.

Jilid pertama akhir Januari. Banjir reda, tanggal 4 Februari banjir lagi. Reda lagi. Tanggal 7 banjir lagi dan terakhir kemarin, tanggal 10,” kata warga Kelurahan Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Mulyiantono (49), saat ditemui di rumahnya, Senin (22/2/2021).

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan menetapkan perpanjangan status tanggap darurat bencana selama 14 hari ke depan. Perpanjangan itu berdasar hasil evaluasi dan melihat kondisi banjir yang belum surut.

Wali Kota Pekalongan terpilih Afzan Arslan Djunaid mengatakan, semula status tanggap darurat berlaku hingga 20 Februari 2021 tetapi dengan hasil evaluasi dan melihat kondisi banjir yang belum surut maka diperpanjang hingga 14 hari ke depan.

Merespon kondisi tersebut Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi DPW Pekalongan kembali turun bergerak membantu korban dan warga terdampak. Semenjak awal banjir terjadi Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi Pekalongan sudah terjun membantu warga terdampak.

Kali ini pun Relawan Kemanusiaan Pekalongan kembali turun bergerak membantu warga terdampak dengan membuka Posko Dapur Umum. Kemudian melakukan penggalangan dana. Menyiapkan 1000 nasi bungkus setiap harinya untuk dibagikan kepada warga terdampak. Juga bekersama dengan Rabithoh untuk membuka Posko Kesehatan dihari pertama. Juga bekerjasama dengan Garasi Dakwah Masjid Multazam Yogyakarta yang memberikan bantuan logistik.

Relawan Kemanusiaan yang turun ke lapangan berasal dari DPC Pekalongan Selatan, DPC Pekalongan Timur, DPC Pekalongan Barat dan DPC Pekalongan Timur. Serta dibantu oleh DPW Kabupaten Pekalongan, juga dibantu DPW Kabupaten Batang sera DPW Kandangserang.

Relawan Kemanusiaan yang terjun dilapangan di pimpin oleh Habib Shodiq Basyaiban. Relawan Kemanusiaan yang terjun setiap harinya berjumlah 40 orang personil.

Keseluruhan Nasi bungkus yang telah dibagikan berjumlah 7.825 nasi bungkus dan 52 kardus air mineral. Total jumlah tersebut terhitung mulai tanggal 19 – 25 Februari 2021. Sedangkan untuk kegiatan Posko Dapur Umum sebelumnya mulai tanggal 7 – 18 Februari 2021 tidak terdata secara detail. Namun perkiraan perharinya membagikan 400 nasi bungkus dan air mineral. Kami juga membagikan sembako ke Dapur Umum di Kampung-kampung.

Terimakasih Kami haturkan kepada segenap Donatur beserta seluruh Relawan yang bertugas, semoga Allah SWT mencatat segala niat baik Antum semua sebagai ladang Amal Ibadah Antum kelak di Yaumil Hisab  Amiin.

Narasumber: Habib Muhammad Hafidh Muladawila, Gus Zami Relawan Kemanusiaan Pekalongan.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bencana / Banjir Di Pekalongan Tahap Ke-2 Relawan Kemanusiaan Pekalongan Sigap Bergerak Membantu Warga
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *