Relawan Sulsel Dan Sulteng Membangun Huntara Di Desa Botteng Utara Kecamatan Simboro

Hilal Merah Indonesia. Mamuju – Sudah  dua pekan pasca bencana gempa bumi berkekuatan 6.2 magnitudo yang mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Salah satu Desa terdampak cukup parah terdampak gempa yaitu Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju. Kondisi di Desa Botteng Utara paska gempa dahsyat yang meluluh lantakkan Sulawesi Barat. Tampak hampir tiap rumah di desa tersebut runtuh.

Bahkan diantara beberapa rumah yang ada di Desa Botteng Utara ini sudah tak berbentuk dan rata dengan tanah. Warga yang tempat tinggalnya hancur karena gempa terpaksa tinggal ditenda-tenda pengungsian sementara.

Kepala Desa Botteng Utara, Syahril mengatakan, rumah warga di wilayahnya hampir 90 persen mengalami kerusakan. Bahkan diantaranya sampai rata dengan tanah. “Di desa kami sekitar 90 persen semuanya rusak, sudah nggak bisa ditempati karena retak dan banyak yang roboh,” kata Syahril ditemui di Posko pengungsian Desa Botteng Utara Dusun Sendana, Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (29/1/2021).

Menurutnya, ada sekitar kurang lebih 300 rumah warga di Botteng Utara yang mengalami  kerusakan dari mulai rusak ringan hingga berat.

Relawan terus berupaya membantu korban dan warga terdampak gempa Mamuju-Majene sekuat kemampuan mereka. Mereka mendirikan hunian sementara di wilayah pengungsisn di Dusun Taludu Desa Botteng. Di wilayah ini ada sekitar 300 Kepala Keluarga yang mengungsi. Mereka juga membagikan bantuan logistik berkisar 300 paket, sarung 300 potong, mukena/jilbab 100 potong, serta baju baru untuk dewasa dan anak 100 buah.

Selanjutnya Relawan menjalankan program pembangunan huntara layak huni dari atap terpal dinding karoro berukuran 5 x7  sebanyak 15 unit, selanjutnya rehab dinding  dengan karoro 11 unit dan mendirikan Mushollah beratap terpal dengan lantai dasar kayu ukuran 5×7. Lantai dengan rangka kayu di lapisi tripleks 6 mili. Kemudian juga dilakukan pembagian terpal berukuran 5 x7 sebanyak 7 lembar yang diprioritas bagi warga yang rumah huniannya hancur total dan rusak parah.

Narasumber: Mahmud Labudu

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Sulsel Dan Sulteng Membangun Huntara Di Desa Botteng Utara Kecamatan Simboro
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *