Banjir Merendam Kabupaten Bekasi Relawan Kemanusiaan Hilmi Sigap Terjun Membantu Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Bekasi — Jebolnya tanggul sungai Citarum yang terjadi pada Minggu (21/2/2021) dini hari menyebabkan sejumlah desa terdampak banjir.  Banjir  mulai terjadi pukul 01.00 WIB. Dari 7 Kecamatan yang terdampak di Kabupaten Bekasi salah satunya ada di Kecamatan Sukakarya.  Wilayah di Kecamatan ini terisolir akibat banjir.

Relawan Kemanusiaan Hilmi Kota Bekasi bekerjasama dengan Relawan Kemanusiasn Hilmi Kabupaten Bekasi juga dengan MTWA  Alhuasaini serta Syiar Islam bahu-membahu membantu warga di Kampung- kampung yang terisolir.

Kampung tersebut antara lain: Kampung Muara, Kampung Kobak Rotan, Kampung Pembetokan, Kampung Rawa Panjang Pengasinan, Desa Sukalaksana, Kecamatan Suka Karya, Kabupaten Bekasi.

Relawan Kemanusiaan gabungan terjun mengevakuasi warga selain itu juga membagikan lebih dari 500 paket makanan siap saji menggunakan dua perahu berjenis Perahu Rafting dan Perahu Mesin.

Dalam kesempatan ini Bapak Wawan selaku Lurah Sukakarya Kecamatan Sukakarya di temani Babinsa dan Perangkat Desa lainnya, di dampingi Relawan Kemanusiaan HILMi Kota Bekasi menelusuri perkampungan dengan melewati arus air dengan ketinggian 1,5 meter hingga 2 meter.

Jarak yang ditempuh kurang lebih 2 kilometer dari Posko Utama HILMI Kabupaten Bekasi yang beralamat di Kampung Pulo Panjang Kecamatan Sukakarya di samping AGN. Relawan Kemanusiaan membagikan sembako dan makanan siap saji bagi warga sekitar.

Puluhan Relawan Kemanusiaan baik HILMI Kota Bekasi dan HILMI Kabupaten Bekasi  terus bergantian dari siang hingga Maghrib  melakukan proses evakuasi dan membagikan makanan siap saji.

Di lokasi masih banyak warga yang tidak mau dievakuasi dengan alasan bahwa banjir akan segera surut. Hanya sekitar 100 orang warga yang mengungsi dekat Posko Utama demikian penjelasan Ustad Rizal Ketua DPW HILMI Kabupaten Bekasi.

Sedangkan Ustad Basit Khaizan MTWA Alhusaini yang mengkoordinir Relawan mengatakan Alhamdulillah Kita semua bersinergi dengan baik dengan berbagai pihak, juga dengan HILMI. Apalagi Perahu Mesin milik HILMI Kota Bekasi saat ini siaga untuk mempermudah Relawan mengirimkan bantuan logistik ke beberapa wilayah.

Antusias warga nampak terlihat dari pengamatan kami dan Mereka sangat  berterima kasih atas bantuan yang diberiksn. Mereka bersyukur karena memang akses untuk memenuhi kebutuhannya saat ini tidak bisa di lalui akibat ketinggian permukaan air.

Menurut ketua Posko Utama saat ini yang di butuhkan selain makanan siap saji adalah beras, mie instan, baju layak pakai, makanan anak dan bayi serta obat obatan.  

Di akhir kata, Wakil Ketua HILMI Kota Bekasi Ustad Abu Wildan mengatakan bahwa kondisi banjir di Kabupaten Bekasi ini tidak lepas dari pantauan DPD HILMI Jawa Barat serta DPP HILMI.  DPP HILMI telah mengatakan akan mendukung dan rencananya  akan membantu dengan mengirimkan 1000 kotak Nasi Kebuli untuk setiap harinya serta kebutuhan lainnya.

Narasumber: Aris Sayyash Ketua DPW HILMI Kota Bekasi

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Banjir Merendam Kabupaten Bekasi Relawan Kemanusiaan Hilmi Sigap Terjun Membantu Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *