Padepokan Pasukan Angin Bekerjasama Dengan HILMI Membantu Warga Terdampak Banjir Di Desa Satak Bangil

Hilal Merah Indonesia. Bangil — Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan menyebabkan banjir di beberapa titik. Di antaranya di Lingkungan Ledok, Kelurahan Kidul Dalem, dan Dusun Satak, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil, Rabu (3/2/2021) petang.

Dari informasi yang dihimpun Wartabromo, di Dusun Ledok, air mulai menggenang sekitar pukul 18.00. Wilayah yang berdampingan dengan Sungai Kedunglarangan ini menyebabkan sebagian warga mulai mengungsi. Kondisi serupa juga dialami warga Dusun Satak, Desa Manaruwi, Kecamatan Bangil. Banjir mulai menggenang sekitar pukul 18.00.

Habis maghrib mulai banjir, dimana kondisi sungai Kedunglarangan banjirnya sangat tinggi, airnya melimpah ruah,” kata Suaib Rizal, Ketua RW 04, desa setempat.

Tak hanya perkampungan yang terendam banjir, sejumlah titik jalan penghubung Desa di Kecamatan Bangil juga terendam. Di antaranya di Kelurahan Kauman, dan Kelurahan Kidul Dalem, serta Jalan Mangga di Depan Rutan Bangil.

Sementara itu Relawan Kemanusiaan Hilmi bersama Padepokan Pasukan Angin serta ISWOC Bakti Sosial membantu korban banjir di wilayah Desa Satak Kecamatan Bangil Kabupaten Pasuruan.

Banjir memang sudah biasa melanda daerah Kalianyar. Sehingga  warga Kalianyar dengan segala kesiapannya merespon  jika musim hujan tiba mereka aman dari dampak banjir. Misalnya dengan  meninggikan lantai rumahnya, membuat gudang diatap rumah untuk menyimpan alat-alat elektronik, kasur, pakaian dan sebagainya.

Lain lagi halnya dengan warga satak. Selama ini mereka hampir jarang sekali mengalami musibah banjir, sehingga mereka tidak siap siaga samasekali.

Namun kali ini ternyata banjir juga melanda Desa mereka dikarenakan tanggul yang berfungsi menjadi penahan luapan air dari Kedung Warangan yang ada disatak jebol. Akibatnya air meluap menggenangi rumah-rumah warga di Desa Satak.

Ketinggian air hampir mencapai seleher orang dewasa. Banjir yang tiba-tiba ini membuat sedikit panik warga setempat karena hal ini tidak pernah terjadi di musim-musim biasanya.

Alhamdulillah kejadian tidak sampai menelan korban jiwa atau ada bangunan yang roboh. Namun musibah tersebut menjadikan kasur tempat tidur mereka terpendam air.

Alhamdulillah bantuan dihari terjadi nya peristiwa luar biasa berdatangan baik dari Pemerintah Daerah Tingkat 2 hingga Provinsi. Bahkan dari ormas-ormas dan tim relawan bencana. Membagikan  sembako selimut dan lainnya.

Namun dari hasil pemantauan Tim Padepokan Pasukan Angin bekerjasama dengan Hilal Merah Indonesia, melihat bahwa warga sangat membutuhkan alas untuk tidur. Benar bahwa banjir telah surut namun hujan yang tiap hari turun mrnyebabkan kasur yang mereka jemur tak kunjung kering.

Melihat kondisi inilah  Padepokan Pasukan Angin bersama HILMI dan Islamic Women Center (ISWOC) dengan segenap kemampuannya  membantu dengan  membagikan kasur dan sembako kepada warga meski dengan jumlah terbatas pula.

Semoga amal bakti ini diterima Allah SWT demikiam ungkap Habib Musthafa  sebagai pembina Padepokan Pasukan Angin.

Narasumber: Habib Mustofa Al Hassani Psdepokan Pasukan Angin

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Padepokan Pasukan Angin Bekerjasama Dengan HILMI Membantu Warga Terdampak Banjir Di Desa Satak Bangil
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *