Longsor Di Selopuro Nganjuk Relawan Kemanusiaan HILMI Sidoardjo Sigap Membantu Warga Terdampak Bencana

Hilal Merah Indonesia. Nganjuk — Bencana longsor menerjang Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021) sekitar pukul 18.15 WIB. Berdasarkan data sementara dari Basarnas Surabaya, 12 orang dilaporkan tewas dan tujuh lainnya masih dalam pencarian.

Peristiwa longsor di Desa Ngetos ini dipicu oleh salah satunya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Alibatnya rumah warga yang berada di bawah tebing kemiringan tertimbun longsoran hingga mengakibatkan 8 unit rumah warga rusak berat.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 101 warga Desa Ngetos, Nganjuk, Jawa Timur, masih mengungsi setelah longsor. Para warga terdampak longsor Nganjuk ini mengungsi di halaman SD Negeri 3 Ngetos.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk segera mengoperasikan dapur umum dan pelayanan kesehatan bagi Warga terdampak.

Di samping warga yang mengungsi, dikabarkan BPBD setempat mencatat sebanyak 54 KK atau 186 warga terdampak, berdasarkan keterangan Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.  Dalam keterangan tertulis, Rabu, 17 Februari 2021.

Sementara terjadinya peristiwa  longsor telah mengakibatkan 12 warga meninggal dunia dan 20 orang luka-luka. Mereka yang luka segera mendapatkan perawatan medis di Puskesmas setempat. Tujuh warga masih dinyatakan hilang.

Berdasarkan keterangan Tim Relawan Kemanusiaan Himi Sidoarjo, yang segera meluncur ke lokasi terjadinya peristiwa longsor tersebut ada sekitar 18 rumah terdampak. Lebih dari 40 korban, 13 korban tertimbun dan meninggal dunia. Termasuk balita dan Ibu Hamil.

Peristiwa longsor terjadi pukul 6 sore waktu setempat diawali oleh hujan deras dan padamnya aliran listrik. Posisi keletakan pemukiman warga setempat memang berada di lereng tebing.

Pada hari minggu 14 Februari 2021 Tim Relawan Kemanusiaan melakukan koordinasi baik internal maupun dengan DPW sejawa Timur, untuk melakukan investigasi lapangan sekaligus mempersiapkan segala kebutuhan nantinya di lokasi.

Kemudian pada hari Senin dini hari tim Relawan Kemanusiaan Hilmi sudah tiba di Nganjuk. Setelah tiba di lokasi tim langsung mendirikan Posko bertempat di halaman KUA Ngetos.  Setelah menunaikan sholat Subuh Tim Relawan turun bergerak ke lokasi terjadinya peristiwa longsor.

Di hari pertama Relawan Hilmi mendirikan Posko di sekitar lokasi terdampak. Kemudian Tim Relawan bekerjasama dengan Tim SAR dan beberapa Relawan lainnya bergabung dan fokus kepada pencarian korban yang masih hilang.

Alhamdulillah Tim Relawan gabungan berhasil  menemukan  3 korban kemudian membantu mengevakuasi korban, memandikan, kemudian menyolatkan serta menguburkan korban di pemakaman yang sudah di sediakan.

Ketiga korban tersebut adalah keluarga yang terdiri dari: Eko (suami), Nayati (isteri), Dimas (4 tahun, anak). Hal yang membuat sedih dan trenyuh melihat  posisi korban adalah salah satunya terdapat Ibu dan Bayi yang sedang dalam posisi berpelukan. Kemudian Relawan HILMI membantu mengevakuasi ke beberapa tempat serta barang-barang warga (perabotan dan  hewan ternak) yang masih bisa diselamatkan.

Tim Relawan gabungan jumlahnya Cukup banyak berkisar kurang lebih 100 personil lebih. Berasal dari bermacam relawan seperti ACT,  BPBD, Basarnas, PkS seta TNI Polri. Sepertinya arahan komando untuk tim gabungan terutama dari BPBD Jawa Timur. Kondisi lapangan seringkali terhambat karena turunnya hujan. Saat hujan turun seluruh pekerjaan pencarian dihentikan.

Tim Relawan Kemanusiaan HILMI, berjumlah 15 orang personil. Terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok  ke-1 berfokus ke lapangan untuk melakukan evakuasi baik Jenazah maupun memberikan bantuan kepada warga untuk memindahkan barang-barang n yang ingin diselamatkan. mengingat masih ada rumah yang tidak tertimbun. Selanjutnya kelompok ke-2 Dan team ke-2, berfokus merawat Jenazah seperti memandikan kemudian mengkafani dan mensolati selanjutnya membantu pemakamannya.

Narasumber:  Ustad Abu Abror  Ketua  DPW HILMI Kabupaten Sidoardjo  

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Longsor Di Selopuro Nganjuk Relawan Kemanusiaan HILMI Sidoardjo Sigap Membantu Warga Terdampak Bencana
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *