Banjir Kembali Merendam Wilayah Bekasi Relawan Kemanusiaan HILMI Bekasi Terjun Membantu Korban Dan Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Bekasi — Hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek sejak Jumat (19/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021). Akibatnya, sebagian besar wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Agus Harpa Senjaya mengungkapkan, terdapat 94 titik banjir yang tersebar di 12 kecamatan Kota Bekasi. Sebanyak 94 titik tersebut tersebar di 17 kecamatan yang meliputi 42 desa atau kelurahan. Sedangkan jumlah KK yang terdampak sebanyak 13.617 KK.

Berdasarkan informasi BPBD Bekasi menjelaskan banjir kali ini terjadi karena 3 faktor, yakni intensitas curah hujan tinggi disertai angin kencang, meluapnya daerah aliran sungai, dan efek pembangun. Banyak wilayah yang awalnya merupakan daerah resapan air, kini berganti dan berubah menjadi area perumahan-perumahan.

Relawan kemanusiaan Hilmi Kota Bekasi segera merespon kondisi ini dengan menerjunkan sejumlah Personil Relawan Kemanusiaan untuk membantu warga terdampak melakukan evakuasi.

Villa Taman Kartini yang terletak di belakang Rumah Sakit Bhakti Kartini Jalan Raden Ajeng Kartini Bekasi merupakan wilayah yang selalu terendam banjir setiap tahunnya. Ketinggian air berkisar antara 1 meter hingga 1,5 meter.

Relawan Kemanusiaan Hilmi Kota Bekasi melalui tim gugus tugas penyelamat dengan sigap dan cekatan mendatangi wilayah terendam itu. Dengan kekuatan Tim 2 unit Perahu, 1 unit perahu karet rafting dan 1 unit perahu LCR mesin dengan perlengkapan standar penyelamatan seperti dayung, Lefijacket (pelampung), helm.

Relawan Kemanusiaan juga mendirikan Posko Bencana di depan pom bensin di wilayah bekasi timur. Team Penyelamat (rescue) HILMI Bekasipun menurunkan puluhan personilnya guna membantu warga di lokasi terendam.

Relawan Kemanusiaan juga membagikan logistik berupa ratusan nasi kotak siap santab. Dilapangan Relawan bekerjasama dengan komunitas Syiar Islam dan SJB Khodijah. Relawan mendatangi rumah warga memasuki gang sempit untuk membagikan logistik. Kegiatan berakhir hingga Bada Magrib setelah kondisi air semakin surut.

Koordinator  Lapangan Tim Penyelamat HILMI Bekasi Saudara Ikhwan mengatakan “kita akan tetap terus memantau kondisi dan menyiapkan Perahu jika banjir terjadi lagi. Hari ini kita menurunkan 3 perahu, 2 perahu diterjunkan ke wilayah Villa Taman Kartini dan 1 perahu lainnya di Jatiasih bekerjasama dengan Tim PKS yang dipimpin langsung oleh Ustad Mansyur.

Narasumber: Aris Sayyash Ketua DPW Hilmi Kota Bekasi

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Banjir Kembali Merendam Wilayah Bekasi Relawan Kemanusiaan HILMI Bekasi Terjun Membantu Korban Dan Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *