Banjir Melanda Pekalongan Relawan Kemanusiaan Pekalongan Terjun Membantu Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Pekalongn — Banjir di Kota Pekalongan pada bulan Februari 2021 sudah berlangsung lebih dari satu pekan. Hingga Senin, 15 Februari 2021, masih ada sejumlah wilayah di Kota Pekalongan yang belum terbebas dari rendaman banjir, meski ketinggian air di sebagian kawasan sudah surut.

Di Kelurahan Pasir Kraton Kramat, Kecamatan Pekalongan Barat, masih ada sekitar 662 orang pengungsi yang menyebar di 12 titik. Masih di kecamatan yang sama, yakni di Kelurahan Tirto, 634 orang mengungsi di 5 titik.

Sejumlah pengungsi lainnya berada di Kelurahan Degayu (14 jiwa), Panjang Wetan (79 jiwa), Bandengan (30 jiwa), Kandang Panjang (37 jiwa). Empat kelurahan itu berada di Kecamatan Pekalongan Utara.

Adapun ketinggian air banjir di sejumlah kelurahan di Kota Pekalongan, hingga sore hari ini terpantau beragam, berkisar antara 10 cm sampai 1 meter. Berikut data ketinggian air banjir di sejumlah kelurahan berdasarkan data Pemkot Pekalongan per Senin sore, pukul 16.00 WIB: Pasir Kraton Kramat (30-60 cm); Tirto (10-50 cm); Klego (20-30 cm); Panjang Wetan (30-40 cm); Panjang Baru (20-30 cm); Kandang Panjang (25-40 cm); Padukuhan Kraton (30-40 cm); Krapyak (20-30 cm); Degayu (30-50 cm); Bandengan (10-30 cm).

Tim Relawan Hilmi Pekalongan sudah bergerak dari awal banjir merendam sebagian kota Pekalongan. Relawan Kemanusiaan melakukan koordinasi antara DPC di wilayah masing-masing untuk segera bergerak membantu warga baik membantu evakuasi warga, barang-barang milik warga dibawah koordinasi Habib Hafid Muladawila dan Habib Shodig.

Selama 8 hari Relawan Kemanusiaan Hilmi Pekalongan terus bergerak membantu warga terdampak di berbagai wilayah. Sementara untuk Posko Dapur Umum dilakukan dan dijalankan di rumah kediaman Habib Shodig dan Habib Hafidh.

Posko Dapur umum setiap harinya rata-rata mengirim kan 500 nasi bungkus. Selama 8 hari lebih kurang telah dibagikan sekitar 4000 nasi bungkus.

Sedangkan untuk evakuasi warga dilakukan di wilayah sepanjang area yang tergenang banjir. Berikut wilayahnya antara lain: Kelurahan Krapyak; Kelurahan Panjang Baru; Kelurahan Panjang Wetan; Kelurahan Pasir Kraton Kramat; Kelurahan Tirto; Kelurahan Klego; Kelurahan Jeruksari.

Tim Relawan Kemanusiaan yang terjun bergantian setiap harinya terdiri dari 10 personil yang berasal semua DPC di Pekalongan. Untuk pembiayaan seluruh kegiatan Dapur Umum dan lainnya diperoleh secara mandiri serta dari para Donatur yang tak ingin disebutkan namanya.

Narasumber: Habib Hafidh Muladawila Ketua DPW HILMI  Pekalongan

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Banjir Melanda Pekalongan Relawan Kemanusiaan Pekalongan Terjun Membantu Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *