Terjadi Pergeseran Tanah (landslide) Di Purwakarta Relawan Kemanusiaan HILMI Terjun Membantu Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Purwakarta — Intensitas hujan yang turun beberapa hari terakhir di Kabupaten Purwakarta mengakibatkan banjir dan pergerakan tanah.

Pemerintak Kabupaten  Purwakarta  menuturkan dari data yang diterima jajarannya hingga kini dilaporkan ada tujuh bencana alam yang terjadi di wilayahnya yaitu bencana longsor, pergeseran tanah dan genangan air.

Untuk longsor, terjadi di wilayah Kecamatan Bojong, Wanayasa dan Campaka. Untuk genangan air, itu di wilayah kota. Dan peritiwa pergeseran tanah, itu di Kampung Cirangkong, Desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru.

Peristiwa terjadinya pergerakan tanah (landslide) di Tegalwaru mengakibatkan sedikitnya 11 rumah hancur, 48 rumah rusak berat, serta 12 rumah yang rusak ringan. Tak hanya itu, akibat pergeseran tanah ini, jalan desa di wilayah itu juga mengalami retak. Meski begitu, jalur tersebut masih bisa dilalui.

Pergerakan tanah di desa tersebut memang kerap terjadi di saat pergantian musim seperti sekarang ini. Terlebih, wilayah tersebut berada di daerah perbukitan yang kontur tanahnya jenis lempung. Sehingga, saat diguyur hujan, tanah tersebut menjadi medan luncur.

Relawan Kemanusiaan HILMI bergerak cepat menanggapi terjadinya peristiwa landslide atau pergeseran tanah Ketua DPW Hilmi Kabupaten Purwakarta Habib Usman Bib Hamid Al habsyi segera mengajak timnya beserta Laskar untuk langsung terjun kelapangan.

Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi terjun turun langsung ke lokasi terjadinya peristiwa longsor tersebut yang berlokasi di Desa Cirangkong Kelurahan Sukamulya Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta.

Rumah yang terdampak diperistuwa pergeseran tanah sebanyak 82 rumah terdiri dari 92 Kepala Keluarga. Relawan Kemanusiaan Hilmi bergerak membatu evakuasi memindahkan barang-barang warga yang masih bisa diselamatkan serta memberikan bantuan sembako untuk para korban.

Kemungkinan besar keluarga yang terdampak harus keluar meninggalkan  rumahnya, disebabkan kemungkinan besar pergeseran tanah akan terjadi lagi sehingga warga yang terdampak pindah mengungsi sementara di tetangga dan keluarga terdekat.

Narasumber: Habib Usman Bib Hamid Al habsyi Ketua DPW HILI Kabupaten Purwakarta

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Terjadi Pergeseran Tanah (landslide) Di Purwakarta Relawan Kemanusiaan HILMI Terjun Membantu Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *