Relawan Kemanusiaan Hilmi Subang Sigap Bergerak Membantu Warga Terdampak Banjir

Hilal Merah Indonesia. Subang — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang melansir dampak dari cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari ini, sedikitnya 21 Kecamatan di di wilayah Kabupaten Subang terendam banjir. Kemudian, empat Kecamatan dilanda longsor.

Total wilayah yang terdampak banjir dan longsor, sebanyak 120 Kelurahan/Desa di 21 kecamatan. Untuk longsor, terjadi di empat wiayah, yakni Kecamatan Sagalaherang, Cisalak, Ciater dan Subang kota,”

Adapun 21 kecamatan yang terdampak, di antaranya, masing-masing Kecamatan Pamanukan, Ciasem, Blanakan, Sukasari, Legon Kulon, Subang kota, Cibogo, Cipunagara, Pabuaran, Patokbeusi, Tambak Dahan, Pusakanagara, Pusakajaya, Compreng, Pagaden. Sementara itu banjir terparah terjadi dan melanda wilayah Kecamatan Pamanukan dan Ciasem.

Sementara itu Banjir merendam ratusan rumah di Kecamatan Blanakan,  pada hari Kamis (8/1/2020). Fasilitas umum seperti sekolah dan kantor pemerintah ikut terendam banjir.

Ketinggian genangan rata-rata mencapai 70 cm. Kondisi tersebut menyebabkan Warga terganggu aktivitasnya akibat rendaman banjir tersebut.

Relawan Kemanusiaan Hilmi Kabupaten Subang tergerak merespon kondisi tersebut dengan segenap kemampuan yang dimiliki. Mereka bergerak untuk membantu evakuasi warga yang yang terendam banjir di 2 Kecamatan yakni Kecamatan Sindang Laut dan Kecamatan Blanakan.

Wilayah Blanakan mencakup 9 Desa, dari Barat ke Timur yaitu Cilamaya Hilir, Cilamaya Girang, Rawameneng, Rawamekar,Jayamukti, Blanakan, Langensari, Muara dan Tanjungtiga Blanakan yang merupakan daerah pesisir,warga disana mengandalkan hasil laut, pertanian, dan Perdagangan.

Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi  Kabupaten Subang bergerak turun ke lapangan membantu warga terdampak dengan membantu warga melakukan evakuasi serta memberikan bantuan logistik kepada warga.

Sebelumnya mereka melakukan koordinasi internal dengan DPC masing-masing wilayah serta berkoordinasi dengan DPP Hilmi di Jakarta.

Tim Relawan Kemanusiaan terjun membantu evakuasi warga di Muara Ciasem, Labuan Ciasem sert Padek Demak. Selain itu Relawan Kemanusiaan juga membagikan bantuan sembako dan obat-obatan di tempat tersebut.

Tim Relawan yang terjun bergantian setiap harinya berkisar 11 orang personil yang berasal dari 7 DPC di Kabupaten Subang dipimpin oleh Kang Dadang sebagai Sekwil Kabupaten Subang. Tim Terjun bergerak selama 3 hari.

Pada hari Ahad Relawan Kemanusiaan juga memberikan bantuan logistik dan obat-obatan kepada warga terdampak di Dusun Tanjung Laut dan Desa Tanjung Tiga Kecamatan Blanakan yang masih tergenang air setinggi 40 centimeter.

Narasumber: Kang Dadang Sekwil FPI Kabupaten Subang.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Kemanusiaan Hilmi Subang Sigap Bergerak Membantu Warga Terdampak Banjir
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *