Pergerakan Tanah Terjadi Lagi Di Kecamatan Nyalindung Sukabumi Relawan Kemanusiaan Terjun Membantu Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Sukabumi — Jumlah rumah yang terdampak bencana pergerakan tanah di Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi bertambah. Hingga Ahad (14/2) jumlah warga terdampak pergerakan tanah Kampung Ciherang, Desa Cijangkar, Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi mencapai 123 unit rumah.

Jumlah keseluruhan rumah terdampak bencana sebanyak 123 rumah yang dihuni sebanyak 139 kepala keluarga (KK) atau 432 jiwa,  berdasarkan sumber yang dirujuk dari  Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan Peta Prakiraan Terjadi Gerakan Tanah Bulan Februari 2021 di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat (Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), Kecamatan Cimarga termasuk dalam zona potensi gerakan tanah menengah-tinggi.

Artinya wilayah ini mempunyai potensi menengah hingga tinggi untuk terjadi gerakan tanah yang berakibat longsor. Pada zona ini dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Berdasarkan informasi Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi Kabupaten Sukabumi peristiwa Pergeseran Tanah (landslide) kembali terjadi lagi di Kecamatan Nyalindung Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya tahun kemarin juga terjadi bencana pergeseran tanah di awal tahun. Kini peristiwa pergeseran tanah itu kembali terjadi,  tetapi di Kampung dan Desa yang berbeda.

Salah satunya adalah Desa Mekarsari, pada dua kampung, yaitu Kampung Jati dan Kampung  Caringin dengan keluarga terdampak di perkirakan berkisar 61 Kepala Keluarga. Keluarga korban tidak ada pilihan harus mengungsi ketempat lain dikeluarga dan kerabat mereka masing-masing.

Retakan tanah di perkirakan mulai terjadi pada awal bulan Januari 2021, namun masih kecil dan pada bulan februari ini retakan terus semakin membesar.

Alhamdulillah, Tim Relawan Kamanusiaan Hilmi Kabupaten Sukabumi segera meluncur ke lokasi untuk membantu korban dan warga terdampak di lokasi. Tim Relawan menyalurkan logistik berupa; beras, air mineral kemasan, telur dan makanan ringan lainnya.

Narasumber: Kang Pambudi Ketua DPW Hilmi Kabupaten Sukabumi

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Pergerakan Tanah Terjadi Lagi Di Kecamatan Nyalindung Sukabumi Relawan Kemanusiaan Terjun Membantu Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *