Longsor Tanjungmedar Sumedang Relawan Kemanusiaan HILMI kabupaten Sumedang Bagikan Logistik

Hilal Merah Indonesia. Sumedang – Sedikitnya ada 3 rumah di Dusun Bakan Teureup RT 03/02, Desa Wargaluyu, Kecamatan Tanjungmedar, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat tertimbun longsor, Minggu (7/2/2021) sore sekitar jam 15.30 WIB.

Beruntung, material longsoran berupa tebing setinggi 4 meter dan lebar 20 meter tersebut hanya mengenai bagian belakang rumah. Sehingga, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana tanah longsor yang terjadi di Tanjungmedar, Sumedang ini.

Sekretaris Desa Wargaluyu menjelaskan, bahwa ketiga rumah yang tertimbun material longsor tersebut masing-masing milik Wawa, 34; Mimid Maryadi, 45; dan Nana, 54.

Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya kerugian material akibat sebagian bangunan rumah rusak parah tertimbun longsor, ucarnya, Minggu malam.

Menurut perkiraan longsor terjadi akibat guyuran hujan deras yang telah berlangsung sejak Minggu pagi. Hujan deras turun terus sejak pagi hingga malam hari. Akibat tingginya curah hujan tersebut  tebing 4 meter di belakang rumah warga longsor menerjang rumah tinggal warga.

Beruntung saat menyadari terjadinya peristiwa longsor,  pemilik  rumah spontan berlari ke luar rumah sehingga seluruh anggota keluarga yang berada di dalam rumah berhasil selamat.

Material tebing longsor tersebut tepatnya menimbun jalan di wilayah Dusun Babakan Picung, Desa Wargaluyu. Longsor di jalan ini memang kecil, hanya rumpun bambu yang menutup badan jalan. Sehingga bisa langsung di bersihkan sehingga akses jalan umum bisa kembali berpungsi.

Relawan Kemanusiaan Hillmi Kabupaten Sumedang merespon peristiwa tersebut dengan mengirimkan Tim survei untuk melakukan penjajakan di lokasi terjadinya peristiwa longsor tersebut.

Tim  Relawan  Kemanusiaan sampai dilokasi terjadinya bencana longsor, di wilayah Dusun Babakan Terep RT  03 dan RW 02 Desa Wargaluyu Kecamatan Tanjungmedar Kabupaten Sumedang.

Berdasarkan penjajakan Tim Relawan Kemanusiaan pada hari Sabtu 6 Februari 2021 sekitar pukul 15:40 Wib. Terdapat korban material 3 unit rumah warga rusak berat. Warga korban sejumlah 3 Kepala Keluarga terdiri dari 13 jiwa. Alhamdulilah tidak terdapat korban jiwa.

Relawan Kemanusiaan Hilmi Sumedang berkerjasama dengan Yayasan Cinta memberiksn penyalursn bantuan logistik kepada korban bencana pada hari Kamis 11 Februari 2021

Narasumber: Kang Agung Wali Laskar Kabupaten Sumedang

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Longsor Tanjungmedar Sumedang Relawan Kemanusiaan HILMI kabupaten Sumedang Bagikan Logistik
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *