Relawan Kemanusiaan Makasar Terjun Membantu Korban Kebakaran Di Kecamatan Bontoala Makasar

Hilal Merah Indonesia. Makasar — Kebakaran yang terjadi di Jalan Dandea Dua, Kelurahan Bunga Ejaya, Kecamatan Bontoala, Makassar, Minggu malam (07/02/2021) telah mengguncang dan menghebohkan warga di wilayah tersebut. Seluruh warga berhamburan menyelamatkan barang-barang di dalam rumahnya dan menyelamatkan dirinya sendiri. Warga bergotong royong dan saling membantu untuk memadamkan api.

Sebanyak 25 rumah di kawasan padat penduduk di Jalan Bungaejayya lorong 4 dan 5, Kecamatan Bontoala, Makassar, habis hangus terbakar, pada hari Minggu malam 7 Januari 2021.

Plt Kepala Dinas Damkar Kota Makassar mengatakan, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 18.05 Wita itu diduga kuat disebabkan terjadinya korsleting listrik di salah satu rumah. Api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam kemudian. Waktu 2 jam tersebut telah menghanguskan segala material di wilayah tersebut.

Hingga kini, ada sekitar 40 Kepala Keluarga yang kehilangan rumah akibat kebakaran ini. Alhamdulillah hingga kini di informasikan belum terdapat korban jiwa.

Banyaknya warga yang berkumpul dan berkerumun untuk melihat peristiwa itu di sekitar lokasi membuat Petugas Damkar kesulitan untuk menuju titik lokasi kebakaran. Selain itu, sempitnya akses jalan membuat mobil Damkar sulit masuk mendekati titik lokasi.

Besarnya antusias masyarakat yang menyaksikan peristiwa tersebut membuat akses bergerak Petugas dan mobil Damkar agak terhalang. Sulitnya Akses masuk ke titik lokasi membuat mobil Damkar mendekati melalui 2 titik.

Kondisi ini  membuat Mobil Damkar tidak bisa merapat hingga ke titik terdekat, akibatnya Petugas Damkar harus menarik selang air hingga 55 meter. Akhirnya Api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam kemudian.

Salah satu warga yang berada di lokasi mengatakan bahwa kejadian ini terjadi saat menjelang sholat maghrib dan mereka tidak tahu apa penyebab kebakaran tersebut.

Dewan Pimpinan Wilayah Hilal Merah Indonesia segera merespon kondisi dan situasi tersebut. Tim Relawan segera diterjunkan ke lokasi untuk membantu baik korban maupun warga terdampak peristiwa itu.

Tanggal 8 Februari 2021 Relawan Kemanusiaan Hilal Merah Indonesia segera meluncur ke Jalan Bunga Ejayya Lorong 4 Kelurahan Baraya Kecamatan Bontoala. Personil yang terjun ke lapangan sekitar 23 orang personil. Mereka fokus untuk membantu membersihkan sisa-sisa puing-puing dan material sisa kebakaran lainnya.

Berdasarkan penjajakan yang dilakukan Tim Relawan di lokasi dan wilayah terdampak sekitarnya diperoleh data sebagai berikut: terdapat 36 rumah hangus terbakar; terdapat 61 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggal; Jumlahnya ada 200 jiwa lebih. Selain membantu membersihkan puing-puing sisa kebakaran Relawan Hilmi juga membagikan makanan siap santap kepada korban kebakaran di wilayah tersebut.

Hari ke-2 kembali Tim Relawan Hilmi turun ke lokasi untuk membersihkan puing-puing sisa kebakaran di Jalan Bunga Ejaya lorong 4 Kelurahan Baraya, Kecamatan Bontoala kota Makasar. Personil yang diterjunkan. Kali ini berjumlah sekitar 25 personil.

Selama proses kegiatan berlangsung dipimpin oleh seorang Koordinator Lapangan yang bernama Bang Kahar dari DPW HILMI kota Makasar.

Narasumber:  Agus Salim Laskar FPI Makasar

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bencana / Relawan Kemanusiaan Makasar Terjun Membantu Korban Kebakaran Di Kecamatan Bontoala Makasar
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *