Relawan Kemanusiaan Hilmi Sulawesi Selatan Bergerak Membantu Warga Terdampak Gempa Desa Batupapan Kelurahan Bambu Mamuju

Hilal Merah Indonesia. Mamuju – Gempa bumi yang telah mengguncang kawasan Majene, Mamuju dan sekitarnya, terutama di wilayah Provinsi Sulawesi Barat, pada Kamis, 14 Januari 2021 yang lalu. Gempa dengan magnitudo 5,9 ini termasuk dangkal. Sebab, pusat gempa berada di darat dengan kedalaman 10 kilometer, yang berlokasi di 4 kilometer arah barat laut Kabupaten Majene, dengan koordinat 2.99 Lintang Selatan dan 118.89 Bujur Timur. Sementara itu Gempa susulan dengan magnitudo 4,9 kembali terjadi pada pukul 15. 00 Wita. Gempa susulan tersebut berdampak cukup signifikan terhadap Kabupaten Mamuju.

Kabupaten Mamuju terdiri dari 11 kecamatan, 13 kelurahan, dan 88 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 297.096 jiwa dengan luas wilayah 4.999,69 km² dan sebaran penduduk 59 jiwa/km². Sebagian besar wilayah Kabupaten Mamuju merasakan tremor gempa atau getaran gempa.

Gempa yang terjadi dan berdampak besar bagi Kabupaten Majene  yang berkekuatan M5,9 dipicu oleh Sesar Naik Mamuju. Situasi tersebut pernah terjadi pada tahun 1969, sesar ini pernah memicu gempa kuat dan tsunami.  

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB  mengungkap jumlah warga yang mengungsi usai gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat mencapai 19.435 orang.

Titik pengungsian di Kabupaten Majene terdapat sebanyak 25 titik yang tersebar di Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking, dan Desa Mekata. Sedangkan di Kabupaten Mamuju terdapat lima titik pengungsian yang tersebar di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro.

Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi sejak minggu pertama terjadinya peristiwa gempa telah merespon kondisi tersebut. Bersama-sama dengan Relawan Kemanusiaan Hilmi Sulawesi Tengah membuka Poska Gabungan di Kabupaten Mamuju.

Sementara itu beberapa hari yang lalu Relawan Kemanusian Hilmi Sulawesi Selatan bersama-sama dengan FPI Kendari HMI Kendari serta dibantu pula oleh Tim Mujahidah tak lupa juga dibantu oleh Salim DPC Manggala dan Ustad Bukhori dari LDF Makasar.

Tim gabungan tersebut membagikan bantuan logistik ke wilayah Desa Batupapan; Kelurahan Bambu; Kecamatan Mamuju Kabupaten Mamuju. Mereka membawa dan. Membagikan 98 paket sembilan bahan pokok.

Narasumber: Habib Muhammad Syahab Ketua DPD Hilmi Sulawesi Selatan

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Kemanusiaan Hilmi Sulawesi Selatan Bergerak Membantu Warga Terdampak Gempa Desa Batupapan Kelurahan Bambu Mamuju
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *