Relawan Kemanusian HILMI Manado Memberikan Bantuan Logistik Kepada Warga Terdampak Banjir Di Kelurahan Malendeng Manado

Hilal Merah Indonesia. Manado – Hujan lebat yang mengguyur kembali Kota Manado, Sulawesi Utara, pada hari Jumat (29/1/2021) sore mengakibatkan banjir setinggi pinggang orang dewasa di Perumahan Welong Abadi, Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal Dua.         

Paal Dua adalah sebuah kecamatan di Kota Manado, Sulawesi Utara, Indonesia. Kecamatan ini merupakan pemekaran berdasarkan Peraturan Daerah Kota Manado Nomor 2 Tahun 2012. Paal Dua berasal dari kata Paal (bahasa Belanda), yang artinya Patok atau patokan atau tiang pembatas. Topografi kecamatan Paal Dua berbentuk dataran dan perbukitan. Rata-rata ketinggiannya 3 meter dari permukaan laut.

Genangan air masuk kembali ke rumah warga. Wilayah Kecamatan ini sebelumnya, juga terkena dan terdampak banjir pada hari Jumat (22/1/2021) yang lalu. Sementara Kelurahan yang ada di Kecamatan Paal Dua, Kota Manado terdapat 7 Kelurahan antara lain adalah:  Dendengan Dalam, Dendengan Luar, Kairagi Weru, Malendeng,  Paal Dua, Perkamil dan Ranomut.

Banjir setinggi pinggang orang dewasa juga terjadi di beberapa titik di kota Manado. Di antaranya di Kelurahan Karombasan Utara, dan di Kecamatan Tikala. Di Kelurahan Karombasan Utara, Lingkungan III, air kanal meluap dan menggenangi rumah warga. Lokasi ini juga terdampak banjir pekan lalu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Sam Ratulangi Manado telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim di Provinsi Sulawesi Utara.

Kelurahan Malendeng, Lingkungan VIII salah satu yang terparah merasakan dampaknya. Air setinggi pinggang orang dewasa menggenangi Masjid Qordova, Kelurahan Malendeng. Sebelumnya di lokasi yang sama, tepat seminggu yang lalu wilayah ini juga terendam air setinggi 180 cm.

Relawan Kemanusiaan HILMI Kota Manado kembali merespon dan sigap terjun kembali membantu warga terdampak. Terutama difokuskan kepada wilayah yang terdampak paling parah dan juga diwilayah Kelurahan lainnya.

Jumat malam saat air banjir menggenang permukiman warga, malam itu juga Relawan Kemanusiaan Hilmi Kota Manado bergerak cepat untuk membantu meringankan beban warga terdampak. Tim Relawan  bergerak serta membagikan sembako ke Posko Masjid Al Hidayah di Perumahan Welong, Kelurahan Malendeng, Kecamatan Paal Dua, Kota Manado.

Berdasarkan penjajakan Tim Relawan Kemanusiaan di lokasi wilayah yang terendam dan terdampak di Kelurahan Malendeng terdapat 8 rumah yang rusak parah dan membutuhkan perbaikan serta membutuhkan tenaga untuk proses pengerjaannya.

Sementara itu bantuan  logistik yang telah dibagikan kepada Posko Masjid Al Hidayah berupa antara lain: kentang setengah karung, tomat 5 kg, bawah merah 5 kilogram, daun bawang 5 ikat, telur 3 kardus, minyak goreng 10 liter kemudian pampers 2 bungkus besar. Selanjutnya mie instan 2 kardus, air mineral 3 kardus serta tak lupa juga pakaian layak pakai.

Tim Relawan Kemanusiaan yang terlibat saat itu berasal dari Kecamatan  Paal Dua, Kota Manado. Keseluruhan kegiatan tersebut di bawah pimpinan serta komando Ustad Burhan Sila.

Narasumber: Habib Ali Abubakar Assegaf Hilmi Kota Manado.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Kemanusian HILMI Manado Memberikan Bantuan Logistik Kepada Warga Terdampak Banjir Di Kelurahan Malendeng Manado
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *