Relawan Kemanusiaan HILMI Bergerak Membagikan Logistik Ke lokasi Terparah Desa Handil Kecamatan Kurau Tanah Laut

Hilal Merah Indonesia. Tanah Laut — Dua kecamatan di Kabupaten Tanah Laut, provinsi Kalimantan Selatan paling terdampak air pasang yaitu Kecamatan Kurau dan Kecamatan Bumi Makmur kini seakan menghilang disapu banjir dengan ketinggian air hingga dua meter.

Dua Kecamatan ini kondisi banjirnya paling membahayakan keselamatan warga sehingga Bupati Tanah Laut menginstruksikan untuk melakukan evakuasi besar-besaran warga di ke-2 Kecamatan tersebut selama 3 hari berturut-turut.

Kurau adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kecamatan Kurau berada di antara Kecamatan Takisung, Kecamatan Bati-bati dan Kecamatan Bumi Makmur. Sedangkan disebelah barat Kecamatan Kurau langsung berbatasan dengan laut lepas yaitu Laut Jawa.

Warga diungsikan ke beberapa desa di Kecamatan Tambang Ulang yang sudah didirikan Posko Pengungsian dan Dapur Umum. Sebagian juga di tempatkan di Kecamatan Pelaihari. Hingga saat ini hanya tiga kecamatan yang relatif aman dari banjir meski juga terjadi kenaikan debit air yaitu Kecamatan Batu Ampar, Jorong dan Kintap.

Sementara delapan kecamatan lainnya semua terdampak banjir dengan ketinggian air bervariasi yaitu Bati-Bati, Tambang Ulang, Kurau, Bumi Makmur, Pelaihari, Panyipatan, Takisung dan Bajuin. Total ada sekitar 4.000 rumah terdampak dengan 13.000 jiwa diungsikan. Sementara masih ada sebagian warga yang masih bertahan di rumahnya.

Hari Selasa kemarin, 26 Januari 2021 Insya Allah telah tersalurkan  paket sembako sebanyak 72 bungkus paket makanan siap santap serta logistik lainnya seperti: Popok, Perlengkapan Wanita, Air minum mineral dan lainnya ke Desa Handil Maluka Kecamatan  Kurau Kabupaten  Tanah Laut Kalimantan Selatan. Alhamdulillah pengiriman logistik dan paket makanan siap santap atau nasi bungkus serta logistik tersebut berjalan dengan lancar tiba di Desa Kurau.

Narasumber: Zainal Arifin atau Zein Tabanie Hilmi Kalimantan Selatan

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Relawan Kemanusiaan HILMI Bergerak Membagikan Logistik Ke lokasi Terparah Desa Handil Kecamatan Kurau Tanah Laut
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *