Manado Dua Kali Di Landa Bencana Relawan Kemanusiaan Hilmi Sigap Bergerak Membantu Warga Terdampak

Hilal Merah Indonesia. Manado — Sebanyak delapan kecamatan di kota Manado terdampak banjir. Peristiwa ini berlangsung pada hari ini, Jumat (22/1), sekitar pukul 12.00 waktu setempat atau 11.00 WIB. BPBD Kota Manado melaporkan tingginya curah hujan sebagai salah satu pemicu terjadinya bencana tersebut.

Kedelapan kecamatan terdampak yaitu Kecamatan Malalayang, Wanea, Sario, Paal Dua, Pikkala, Wenang, Tuminting dan Singkil. Sementara itu, BNPB telah menyampaikan daftar Kabupaten dan Kota yang berpotensi banjir di bulan Januari 2021, salah satunya Kota Manado.

Beberapa wilayah di Provinsi Sulawesi Utara berpotensi banjir dengan kategori menengah. Wilayah administrasi kabupaten dan kota yang teridentifikasi berpotensi banjir di provinsi ini, antara lain Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Utara, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud, Kota Bitung, Kota Manado dan Minahasa.

Merespon kondisi tersebut Relawan Kemanusiaan Hilal Merah Indonesia (Hilmi) Front Persaudaraan Islam tak kenal lelah untuk terus membantu warga terdampak banjir, bersama dengan Majlis Nuur Haddad dan Subbanul Adzkar bergerak sigap membantu  Korban Banjir dan Tanah Longsor. Saat ini Tim Relawan telah memasuki hari ketujuh membantu warga yang terdampak banjir dan longsor.

Tim Relawan Kemanusiaan Hilmi terus melakukan gerakan membantu korban banjir dan longsor di kota manado. HILMI juga dibantu dua Majlis Ta’lim yang ada di kota Manado. Pimpinan Habib Ali Abubakar Assagaf dan Habib Umar Bin Toha Alhabsyi yang mengerakan  santrinya untuk meringankan beban para korban banjir dan tanah longsor.

Alhamdulillah di dalam kegiatan hari ini Selain memberikan makanan siap saji, memberikan bantuan kasur dan tikar plastik buat keluarga yang terkena longsor pada tanggal 16 Januari 2021. Tim Relawan juga membersihkan rumah, memberikan bantuan Tikar plastik bagi warga yang terdampak longsor dan banjir, serta tak lupa juga membersihkan jalanan dari lumpur banjir yg terjadi pada tanggal 22 Januari 2021. Tim Relawan juga membagikan makanan siap santap atau nasi bungkus sebanyak 180 nasi bungkus.

Mengingat puncak musim hujan masih berlangsung hingga bulan Februari 2021, Relawan Hilmi menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap bahaya Hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

Narasumber: Habib Ali Abubakar Assegaf Hilmi Kota Manado

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Manado Dua Kali Di Landa Bencana Relawan Kemanusiaan Hilmi Sigap Bergerak Membantu Warga Terdampak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *