Tim Hilmi Kalsel Terjun Membantu Warga Terdampak Banjir Di 5 Desa

Hilal Merah Indonesia. Kalimantan Selatan, Bati-Bati – Curah hujan yang turun sangat tinggi di kawasan Tanah Laut serta di pengaruhi pasang dalam air laut membuat sebagian wilayah di Kabupaten Tanah aut mengalami banjir.

Sudah satu bulan lebih, banjir menggenangi 4 Desa, yaitu  Desa Bati-Bati, Desa Padang, Desa Benua Raya kecamatan Bati-Bati, dan satu Desa  Gunung Raja yang berada di Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut. Hampir setiap tahun wilayah ini terdampak banjir. Kondisi ini membuat Warga, terpaksa mengungsi kedataran tinggi juga ke-tempat sanak keluarga, disebabkan air menggenangi rumah warga setinggi kurang lebih 1m sampai 2 m.

Pada hari Ahad, 10 januari 2021, HILMI Kalimantan Selatan memutuskan untuk membuka 2 Posko Dapur Umum untuk warga terdampak banjir, yaitu 1 Posko Dapur Umum berada di Desa Bati-bati serta satu Posko lagi berada di Desa Benua Raya Kecamatan Bati-bati, ungkap zainal Abidin Koordinator Lapangan Tim Hilmi.

Puluhan anggota Tim Relawan Hilmi di siaga kan untuk bergerak siaga dalam pembuatan makanan siap saji untuk para warga terdampak banjir seta siaga membantu evakuasi warga yang terjebak banjir.

Lebih jauh, Zainal Abidin menjelaskan bahwa mulai Ahad, 10 Januari 2021 hingga hari Senin 11 januari 202, penyaluran  nasi bungkus kepada warga terdampak banjir telah mencapai kurang lebih hampir 5 ribu bungkus. Pendistribusian makanan siap saji tersebut dilakukan Tim Relewan Hilmi serta dibantu pula oleh warga sekitar.

Hingga hari Selasa 12 januari 2021, untuk kawasan wilayah Kabupaten Tanah Laut, banjir telah meluas menggenangi hampir di 40% wilayah Kabupaten Tanah Laut. Alhamdulillah bantuan logistik untuk ke-2 Posko Hilmi hingga saat ini masih tercukupi. Banyak bantuan yang datang dari para Donatur dan Dermawan dari daerah lain, Ungkap Zainal Abidin.

Setelah pendirian 2 Posko Banjir di Desa Bati-Bati dan Benua Raya tiga hari lalu. Hari ini juga Tim Relawan Hilmi membuka satu Posko baru yaitu di Ibukota Kabupaten  Tanah Laut yaitu Pelaihari karena daerah sekitarnya sudah terdampak banjir kiriman dari daerah atas pegunungan.

Hari ini juga telah dilakukan pembagian makanan siap saji di Desa  Panjaratan Kabupaten Laut oleh khadim Majelis Baratib Ba’amal. Tim Relawan Hilmi terus bergerak dengan motto “Mangaji kita di majelis, beramal kita di lapangan.” Kami juga berdoa dan berharap Insya Allah banjir ini segera surut dan selesai.

Narasumber: Ilham Kontributor Hilmi Kalsel.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Tim Hilmi Kalsel Terjun Membantu Warga Terdampak Banjir Di 5 Desa
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *