Tim HILMI FPI Bergerak Terjun Membantu Korban Longsor Kecamatan Padaherang Pangandaran

Hilal Merah Indonesia – Pangandaran. Ratusan rumah warga, Sarana Ibadah, Sarana Pendidikan (Sekolah dan Madrasah), serta Kantor Desa di dua desa di Kecamatan Sidamulih dan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, terendam banjir pada Selasa, 27 Oktober 2020. Banjir tersebut terjadi akibat meluapnya sungai Cikaso dan Citonjong, setelah diguyur hujan deras sehari penuh. Sebanyak 320 rumah termasuk sarana pendidikan, musala, kantor desa, sarana olahraga, dan gabah terendam banjir.

Banjir luapan Sungai Cikaso dan Citonjong di Pangandaran tidak hanya merendam ratusan rumah warga, tetapi juga 10 bangunan seperti Sekolah, Sarana Olahraga, Mushola, Mesjid, dan Kantor Kepala Desa ikut terendam.

Banjir dan longsor yang terjadi di Kabupaten Pangandaran telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa Pasangan Suami Istri bernama Irut, berusia 70 tahun, dan sang istri Sunarsih, berusia  68 tahun, warga Dusun Pangasinan, Desa Pasirgeulis, Kecamatan Padaherang. Sedangkan, di Dusun Cimanggu dan Dusun Cikalong, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih mencapai 85 rumah 95 Kepala Keluarga. Sehingga berjumlah 850 jiwa.

Pada hari Selasa tanggal 27 Oktober HILMI DPW FPI Kota Tasikmalaya menerima lapran dan permohonan bantuan dari DPW FPI Kabupaten Pangandaran terkait Musibah bencana longsor dan banjir bandang di-3 Dusun di Desa Pangasinan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran.

Merespon permohonan bantuan tersebut, pada hari rabu tanggal 28 Oktober  2020 Tim Hilal Merah Indonesia Dewan Pimpinan Wilayah Kota Tasikmalaya meluncur kelokasi bencana longsor di Desa Pangasinan Kecamatan  Padaherang Kabupaten Pangandaran. Tim berangkat menuju lokasi bencana dengan membawa bantuan Sembako (Sembilan bahan pokok) serta pakaian layak pakai. Setibanya di lokasi Tim HILMI DPW FPI Kota Tasikmalaya akan segera membangun Posko Relawan yang dibangun di Desa Pangasinan Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Tim  HILMI DPW FPI Kota Tasikmalaya berangkat meluncur ke lokasi bencana dipimpin oleh Bendahara HILMI DPW FPI Kota Tasikmalaya M. Rahman.

Berdasarkan pemantauan Tim di lokasi ada sekitar 17 rumah yang tertimbun longsor di 3 dusun tersebut, dua korban jiwa serta sekitar 17 KK diungsikan ke para tetangga dan kerabat yang aman dari bencana longsor. Setibanya di lokasi Tim akan segera membagikan bantuan serta membantu evakuasi warga terdampak longsor serta peralatan rumah tangga mereka dan membantu membersihkan rumah-rumah yang tertimbun.

Narsum: M. Rahman Bendahara DPW HILMI FPI Kota Tasikmalaya

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Tim HILMI FPI Bergerak Terjun Membantu Korban Longsor Kecamatan Padaherang Pangandaran
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *