HILMI FPI Hadir Dilokasi Longsor Cisompet, Garut

HILMI FPI Hadir Dilokasi Longsor Cisompet, Garut

Hilal Merah Indonesia, GARUT – Berbagai musibah masih terus terjadi disejumlah wilayah rawan bencana ditanah air. Bencana kali ini menimpa wilayah Cisompet, Garut, Jawa Barat, akibat hujan yang terus turun sejak Minggu 11 Oktober 2020, menyebabkan tebing di atas pemukiman warga longsor pada pukul 07.00 wib, Senin (12/10)

Longsoran tanah menimbun sekurangnya 10 rumah dan satu masjid, tujuh diantaranya rusak parah. Akibatnya, puluhan warga harus mengungsi karena rumahnya tak bisa lagi ditempati. 

Dari pantauan relawan Hilmi yang dikirim ke lokasi melaporkan, wilayah yang terdampak ada di Kampung Bunisari sebanyak 4 titik, Kampung Cipagéureun sebanyak 3 titik, dan yang terparah terdapat di kampung cipageureun desa cikondang. Hal itu juga mengakibatkan terputusnya jembatan yang menghubungkan Desa tersebut

Menurut perangkat desa setempat, “Selain itu masih ada sejumlah rumah lainnya yang masih dibayangi ancaman longsor karena berada disisi tebing yang rawan dan warga sudah diingatkan untuk menyelamatkan diri jika terjadi hujan. Soalnya masih ada potensi longsor susulan.”

Banyaknya tanah longsor juga menutup jalan menyebabkan bantuan sulit mencapai lokasi, namun kondisi yang demikian menantang tidak menyurutkan relawan Hilmi FPI untuk sampai ke lokasi untuk menyalurkan bantuannya.

Saat ini relawan Hilmi FPI masih terus membantu warga membersihkan lumpur juga mendata berbagai kebutuhan yang diperlukan.

Rahmat (Qoid DPC Cisurupan) mengatakan, “Berbagai bantuan logistik yang dibutuhkan seperti makanan siap saji, sembako, Hygine kit/personal care, Selimut, Alas tidur, Alat Ibadah, Masker, Susu bayi dan ibu hamil, Pampers & pakaian dalam, dan Alat kebersihan.”

Rencananya HILMI FPI akan melakukan pembersihan material longsoran yang menutup akses ke kp. Cipageureun, Pengecekan jembatan yang terputus di Desa Cikondang, perbaikan kebutuhan fasilitas umum dan sarana ibadah di Kp. Cipageureun, juga pembagian sembako di Kp. Cipageureun Desa Cikondang.

Narasumber: Syahrul, HILMI Garut.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / HILMI FPI Hadir Dilokasi Longsor Cisompet, Garut
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *