FPI Sulawesi Tengah Terjun Membantu Korban Banjir Kabupaten Sigi

Hilal Merah Indonesia – Kabupaten Sigi. Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Palu Sigi dan beberapa kota di Sulawesi Tengah sejak beberapa hari yang lalu. Turunnya hujan dengan intensitas yang terus meningkat menyebabkan terjadinya Banjir Bandang di Desa Rogo Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Banjir berawal usai sholat magrib. Banjir Bandang tersebut menyebabkan banyak warga setempak terdampak. Jumlah warga yang terdampak sekitar 41 Kepala Keluarga, puluhan rumah terendam air dan lumpur pasir, hingga saat ini belum terdapat korban jiwa. Akses jalan sepanjang 3 Km terendam air, lumpur, batu dan kayu.

Banjir Bandang tersebut menyebabkan aktivitas masyarakat lumpuh total. Saat ini dilokasi telah ada 2 alat berat yang didatangkan oleh Pemerintah Daerah  Sigi. Ke-2 alat berat tersebut sementara ini bekerja membersihkan lumpur dan kayu yang menghalangi badan jalan. Sementara itu sebanyak 224 jiwa terpaksa mengungsi ke tempat aman.

Merespon kondisi dilokasi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Front Pembela Islam, mengerahkan 20 Orang Laskar Pembela Islam (LPI) untuk membantu evakuasi barang-barang milik warga, serta membantu di lokasi banjir. Di wilayah yang  terendam air dan lumpur. Keberangkatan Tim Laskar dari Markaz Daerah LPI Sulawesi Tengah pada pukul 20.30 Wita (waktu Indonesia bagianTengah). Untuk mencapai dan menjangkau lokasi Tim menempuh jarak sejauh 30 Kilometer untuk sampai ke lokasi bencana.

“Malam ini kami berada di lokasi banjir bandang di daerah Kabupaten Sigi, malam ini kami melakukan survey sekaligus pendataan baik kerugian materil dan jiwa, selanjutnya kami akan kembali ke Markas Daerah untuk berkoordinasi kembali dengan Ketua DPD. Keesokan harinya kami akan kembali untuk mendirikan Posko Bencana di daerah ini” Ungkap Ustad Agus Wakil Panglima Daerah LPI Sulawesi Tengah.

Malam ini DPD FPI Sulawesi Tengah terjun turun ke lokasi banjir bersama para Wakabid DPD FPI Sulawesi Tengah, semuanya ikut terlibat dan terjun turun demikian juga para Laskar yang berada di desa Rogo sangat antusias saat mengevakuasi barang-barang masyarakat yang masih bisa di selamatkan.

Ustad Sugianto Kaimudin selaku ketua DPD FPI Sulawesi Tengah telah memberi komando agar FPI segera menempatkan posko Hilal Merah Indonesia (HILMI) FPI di desa Rogo untuk memudahkan akses bantuan maupun relawan. “Dirikan posko di daerah bencana untuk memudahkan akses bantuan relawan dan posko harus aman dari banjir, demi keamanan para relawan yang akan bertugas” ungkap ketua DPD FPI Sulawesi Tengah Ustad Sugianto Kaimudin.

Sementara posko koordinasi dan bantuan tetap berada di sekretariat DPD FPI Sulawesi Tengah yang berada di jalan Anggur 3 Nomor 5 Kelurahan Bayoge Kota Palu. Hal ini dilakukan demi memudahkan distribusi bantuan mana kala ada titipan umat yang akan di salurkan  ke daerah bencana. Untuk saat ini kebutuhan yang sangat mendesak adalah Sembako, terpal dan selimut demikian penjelasan Wakil Ketua Bidang Organisasi Ustad Irjan.

Narsum: Ustad Sugianto Kaimudin Ketua DPD FPI Sulawesi Tengah

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / FPI Sulawesi Tengah Terjun Membantu Korban Banjir Kabupaten Sigi
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *