Kreativitas HILMI FPI dan BKPRMI Padang Sidempuan Buat Bilik Disinfektan Alami Berbahan Sederhana

Kreativitas HILMI FPI dan BKPRMI Padang Sidempuan Buat Bilik Disinfektan Alami Berbahan Sederhana

Hilal Merah Indonesia, PADANG SIDEMPUAN – Sebagai tindakan pencegahan penyebaran serta melawan COVID-19, DPW FPI Padang Sidempuan dan DPW HILMI FPI Padang Sidempuan serta Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia Kota Padang Sidempuan dengan kreativitasnya membuat sebuah bilik disinfektan yang mereka persembahkan ke Masjid Jami’, Padang Sidempuan Selatan, pada senin (30/03/20).

Ketua HILMI FPI Padang Sidempuan, Ustadz Asroy menurutkan perihal bahan material yang digunakan dalam pembuatan bilik disinfektan ini, “Bahan yang digunakan dalam pembuatan bilik disinfektan ini cukup sederhana, dengan Pipa PVC yang dipotong sekitar 1 meter kemudian disambung dengan Elbow, dan dibalut Plastik ukuran 1 x 2m,”

Beliau melanjutkan “Untuk pemompanya kami menggunakan mesin pompa yang diambil dari tabung semprot yang lengkap dengan dinamo 75 A dan juga bisa menggunakan mesin aquarium yang besar lalu disambung ke selang air berukuran kecil. Outputnya kami gunakan nozel dan kepala semprotan yang bisa diatur besar kecilnya air disinfektan yang keluar dan bisa ditemukan di penjual alat-alat hydroponik. Untuk cairan disinfektannya kebetulan kami menggunakan bahan alami seperti daun sirih dan jeruk nipis,”

Ustadz Asroy juga menjelaskan komposisi bahan alami yang digunakan,”Menurut istri saya yang kebetulan dibidang kimia, daun sirih ini punya aktivitas anti-bakteri. Untuk komposisi yang kami gunakan yaitu satu genggam daun sirih yang diiris-iris lalu direbus selama 30-40 menit bersama 3-4 liter air bersih. Kemudian, kami campur 1-2 buah jeruk nipis yang telah diperas yang mampu sebagai bahan pengawet hingga 3-4 hari kedepan,”

Selain Masjid Jami’, HILMI FPI Padang Sidempuan juga menyalurkan bilik disinfektan tersebut ke Masjid Tawwabin yang berada di Padang Sidempuan Utara pada hari Jum’at ini (03/04/20).

Saat ini, DPW HILMI FPI Padang Sidempuan tengah mengerjakan tempat cuci tangan yang akan ditempatkan di tempat umum, “In Sya Allah, malam ini dan besok kami akan mengerjakan tempat cuci tangan dengan ember yang dilengkapi keran serta kaki sebagai tempat ember dari pipa PVC dan akan ditempatkan di tempat-tempat umum,” kata Ustadz Asroy.

Meski statusnya saat penyaluran bilik disinfektan masih berzona hijau, menurut Ustadz Asroy “Tidak menutup kemungkinan statusnya akan berubah, mengingat salah satu warga semalam berstatus PDP,” tuntasnya

Narasumber : Ketua HILMI FPI Padang Sidempuan, Ustadz Asroy.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Sosial / Kreativitas HILMI FPI dan BKPRMI Padang Sidempuan Buat Bilik Disinfektan Alami Berbahan Sederhana
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *