Gempa Guncang Sukabumi, HILMI FPI Datang Bawa Misi Kemanusiaan

Gempa Guncang Sukabumi, HILMI FPI Datang Bawa Misi Kemanusiaan

Hilal Merah Indonesia, KABUPATEN SUKABUMI – Masyarakat warga Kp Cisepan yang kebanyakan berprofesi sebagai petani, pada selasa (10/03/2020) sore sedang beristirahat dari aktifitasnya dikagetkan oleh guncangan gempabumi yang tercatat oleh BMKG berkekuatan 5.0 Magnitudo dengan kedalaman 10 Km wilayah Timurlaut Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

(Referensi https://www.bmkg.go.id/gempabumi/gempabumi-terkini.bmkg )

Berdasarkan informasi dari ketua DPC FPI Kalapa Nunggal, H.M Agus Harimukti “Sekitar 80 KK dari sekitar 300 jiwa menjadi korban untuk wilayah Kp Cisepan sendiri,”

Gempa Guncang Sukabumi, HILMI FPI Datang Bawa Misi Kemanusiaan
Kondisi para pengungsi korban gempa di Kp Cisepan, kabupaten Sukabumi. (11/03/2020)

Tidak mau menunggu lama, DPW HILMI FPI Kabupaten Sukabumi bersama jajarannya pada rabu (11/03/2020) malam menyalurkan sedikitnya 200 bungkus paket makanan siap saji untuk para pengungsi di tenda yang telah disediakan oleh BPBD di Kp Cisepan. Sedangkan DPC FPI Kalapa Nunggal melayani para pengungsi disana dan akan mendirikan dapur umum sebagaimana disampaikan oleh ketua DPC FPI Kalapa Nunggal sekaligus koordinator lapangan, H.M.Agus Harimukti.

Dari kemarin, baik makan dan kebutuhan lainnya kita dari FPI Kalapa Nunggal yang tanggung semuanya, dan juga kami akan buat dapur umum untuk memberikan pelayanan kepada para pengungsi,” Kata H.M. Agus Harimukti, Ketua DPC FPI Kalapa Nunggal Kabupaten Sukabumi.

Selama dapur umum belum didirikan, sementara untuk konsumsi para pengungsi dimasak dan diolah di rumah Ketua DPC FPI Kalapa Nunggal.

Bergeser dari Kp Cisepan, mereka meneruskan perjalanannya ke ke Posko Kebadungan yang berada di Kp. Jayanegara, Desa Kebandungan, Kab Sukabumi untuk menyalurkan sejumlah bantuan logistik yang langsung dipimpin oleh Ustadz Obar selaku Qoid Laskar Kebandungan dan Relawan HILMI Kebandungan.

Hari ini kita masih bantu warga untuk mengevakuasi barang-barang yang masih bisa digunakan, sebab warga saat kejadian belum sempat untuk membawanya, dan hanya membawa apa yang mereka pegang dan kenakan saja,” kata Ustadz Obar. Kamis (12/03/2020).

Selain wilayah kabupaten Sukabumi sendiri, dampak gempa juga terasa hingga Kp Cisalada dan Kp Cimanggu, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) FPI Pamijahan bersama sejumlah para relawan dan simpatisannya turun langsung ke lokasi tersebut untuk menyalurkan sejumlah bantuan logistik untuk para warga disana.

Gempa Guncang Sukabumi, HILMI FPI Datang Bawa Misi Kemanusiaan
Penyaluran Bantuan ke Kp Cisalada dan Kp Cimanggu Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. (11/03/2020).

Berdasarkan pantauan dilapangan, kebutuhan mendesak para pengungsi seperti Mie Instan, Beras, Makanan Ringan, Minuman Kemasan, dan Terpal (untuk menutupi barang-barang korban yang sudah dua hari belakangan dihujani) sangat diprioritaskan dikarenakan minimnya bantuan yang datang.

Maka dari itu, DPP HILMI FPI mengajak kepada siapapun yang peduli akan nasib mereka untuk menyalurkan bantuan baik secara langsung maupun melalui kami DPP HILMI FPI. Bagi yang ingin menyalurkan berupa dana bisa melalui Rekening Kemanusiaan FPI : BSM (451) 7001440707 atau bila berupa barang bisa menghubungi layanan HILMI Care Center (Whatsapp) +62 813-5000-4071 untuk melakukan koordinasi dan pengiriman bukti donasi.

Bersambung…

Narasumber : Ketua HILMI Kabupaten Sukabumi, Kang Awal.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Gempa Guncang Sukabumi, HILMI FPI Datang Bawa Misi Kemanusiaan
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *