FPI Cikarang Utara Bersinergi bersama BAPELKES Tangani Banjir Bandang

Hilal Merah Indonesia, CIKARANG UTARA – Banjir menerjang beberapa wilayah di cikarang utara akibat sungai yang melintasi kawasan tersebut tidak mampu menampung debit air. Dari luapan sungai Kali Ulu sedikitnya 3 kampung dari dua desa tergenang air dan dari Kali Cibereum terdampak pada satu desa, selasa (25/02/2020).

Pagi sekitar pukul 06:30 Wib, Rama Sugema selaku Bendahara DPC FPI Cikarang Utara segera menerjunkan beberapa anggota dan simpatisan untuk mengevakuasi ke Kp. Kaliulu Karang Raharja, Kp Kaliulu Desa Tanjungsari, dan Kp Poncol Desa Tanjungsari. Sekitar 1000 kk dari ketiga kampung yang terdampak banjir dievakuasi menggunakan perahu karet milik BAPELKES (Balai Pelatihan Kesehatan)

Mulai dari balita hingga lansia satu persatu menaiki perahu karet maupun ban dalam kendaraan yang cukup besar yang dapat menampung beberapa orang. Para korban banjir dibawa ke beberapa titik lokasi untuk mendapatkan bantuan.

Sebagaimana dituturkan oleh Bendahara DPC FPI Cikarang Utara Rama Sugema, “Untuk wilayah Desa Karang Raharja kami evakuasi ke pinggir jalan Urip Sumoharjo, sedangkan untuk wilayah Desa Tanjungsari kami evakuasi ke pinggir jalan yang telah kami siapkan tenda, dan Untuk wilayah Desa Cibeber Simpangan kita evakuasi ke Bapelkes,”

Disaat yang sama DPC FPI Cikarang Utara juga mendirikan posko untuk menyalurkan sejumlah bantuan yang masuk dan menjadi pusat koordinasi antar para relawan.

Diantara bantuan yang datang terdapat dari Ibu-ibu Gasibu GCC yang memberikan nasi box sebanyak 120 Pcs, dan Komunitas Berseri Perum PMI juga ikut menyumbangkan bahan sembako seperti 10 Kg beras, Mie Instan 4 Dus, Bihun Jagung 2 Dus, Pakaian Layak 6 Dus, serta dari Pihak SMAN 2 Cikarang Utara yang menyalurkan Beras 20 Kg, Telor 7 Kg, Mie Instan 4 Dus, Minyak Goreng 4 Liter, Obat-obatan serta uang tunai sebesar Rp. 650.000.

Saat diwawancarai, Rama Sugema mengkatakan, “Alhamdulillah satu hari bisa kami penuhi makan siap saji sebanyak 1500 bungkus, kami ucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah menyalurkan bantuannya melalui pokso FPI,”

Bantuan-bantuan yang masuk tersebut diolah yang kemudian dikemas dengan rapih didalam tenda posko, lalu disalurkan kepada para korban banjir di tiga wilayah tersebut. Hingga kini kondisi warga belum bisa melakukan aktivitas seperti biasanya akibat genangan air yang belum kunjung surut.

Hingga Rabu kemarin (26/02/2020), FPI Cikarang Utara menutup poskonya karena air sudah kembali surut serta warga telah mulai beraktivitas kembali.

Narasumber : Bendahara DPC FPI Cikarang Utara, Rama Sugema.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / FPI Cikarang Utara Bersinergi bersama BAPELKES Tangani Banjir Bandang
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *