FPI BERBAGI Program Kerja DPW FPI Kota Mataram

FPI Berbagi, Program Kerja DPW FPI Kota Mataram

Hilal Merah Indonesia, MATARAM – FPI DPW Kota Mataram memliki sebuah program rutin bulanan. Program tersebut adalah “FPI Berbagi“. Program ini berupa pemberian bantuan sembako (sembilan bahan pokok) bagi masyarakat di sekitar Kota Mataram sendiri.

Program ini digagas dan dimulai sejak tahun 2019 dan pertama kali dilaksanakan pada bulan Oktober 2019. Program FPI Berbagi ini diperuntukkan bagi masyarakat yang kurang mampu yag terdiri dari fakir miskin, Janda-janda tua dan anak Yatim.

Jumlah penerima bantuan rata-rata setiap bulannya berkisar antara 60 hingga 70 kepala keluarga. Adapun jenis bantuan berupa beras, telur, minyak goreng serta mie instan.

Agar bantuan sembako dalam program ini tepat sasaran, serta ditujukan langsung kepada para mustahik yang benar-benar membutuhkan, maka DPW FPI kota Mataram membentuk Koordinator yang tugasnya menjalin komunikasi dengan perangkat lingkungan dan masyarakat (rukun tetangga) untuk mencari serta mengumpulkan data para Mustahik yang berada di lingkungan tempat dilaksanakan program tersebut.

Proses selanjutnya berupa pengkajian data penerima bantuan bersama Tim Koordinator FPI Berbagi beserta dengan perangkat lingkungan/rukun tetangga setempat. Pengkajian data ini bertujuan agar terjadi kesesuaian antara jumlah penerima bantuan dengan ketersediaan logistik yang diperoleh setiap bulannya.

Sumber dana utama program ini bersumber dari infaq atau sumbangan seluruh Angota FPI DPW Kota Mataram serta bantuan dari para donatur dan dermawan yang memang bersedia mendukung program ini.

Mekanisme pengumpulan dilakukan dengan menugaskan beberapa anggota FPI DPW Kota Mataram untuk menjemput langsung ke masing-masing Anggota lainnya serta para donatur dan para dermawan yang telah bersedia mendukung pelaksanaan program ini.

Waktu penyaluran bantuan dilakukan setiap hari Ahad pertama di setiap bulannya. “Alhamdulillah program telah berjalan sebanyak 5 kali, dimulai sejak Oktober tahun 2019 hingga bulan Pebruari tahun 2020 ini,” Kata Habib Hadi bin Aqil, LDF NTB.

Berdasarkan keterangan yang diberikan oleh Pengurus HILMI DPW Kota Mataram, sejauh ini program FPI Berbagi dapat berlangsung serta terselenggara tanpa kendala yang berarti.

Adapun hal-hal yang menunjang terlaksananya program ini adalah kesediaan hampir seluruh Anggota untuk bergerak. Dimulai dari pengumpulan infaq, kemudian pembelian logistik, selanjutnya pengemasan sesuai jumlah data mustahik, hingga akhirnya paket bantuan sembako diterima langsung oleh para Mustahik.

Narasumber : LDF Nusa Tenggara Barat, Al-Habib Hadi bin Aqil.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Santunan / FPI Berbagi, Program Kerja DPW FPI Kota Mataram
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *