DPP HILMI FPI Salurkan Satu Ton Lebih Untuk Korban Kebakaran di Kab Toli-Toli

DPP HILMI FPI Salurkan Satu Ton Lebih Untuk Korban Kebakaran di Kab Toli-Toli

Hilal Merah Indonesia, JAKARTA – Kebakaran yang terjadi di Kampung Labuan, Kec. Baolan Kel. Sidoar, Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah hingga saat ini masih membutuhkan bantuan.

Ketua DPW FPI Toli-Toli pun kembali melakukan pendataan ulang secara internal untuk memastikan kembali kondisi warga, “Sedikitnya 134 rumah dari 171 kk dan 684 jiwa menjadi korban dan menghabiskan pemukiman warga yang berada di RT, 09, 10, 11 di Kp Labuana. Data sementara ini akan bertambah mengingat warga yang masih mengungsi di rumah kerabat dan pengungsian,”

(baca : Napak Tilas HILMI FPI Tangani Korban Kebakaran di Toli-Toli )

Menyikapi kabar tersebut, DPD HILMI FPI Sulawesi Tengah, melalui Sekretaris Daerahnya Sdr Mahmud Labudu dengan segera melakukan koordinasi kepada DPP HILMI FPI terkait kebutuhan mendesak yang sangat dibutuhkan oleh para korban.

Video Dokumentasi Pengiriman Bantuan dari Jakarta hingga Toli-Toli.

Sekitar 1040 Kg atau 1 ton lebih, DPP HILMI FPI kirimkan bantuan untuk para korban kebakaran di Toli-Toli, yang terdiri dari 200 pcs Kain Sarung, 200 pcs Selimut, 200 pcs Tas sekolah, 400 Pakaian baru untuk pria dan wanita, 120 pcs pakain baru untuk anak-anak, 180 pcs mukena, 200 paket perlengkapan mandi, 100 pcs terpal, 180 pcs handuk serta 400 pcs pakaian dalam wanita.

Alhamdulillah, hari ini kami kirimkan bantuan logistik, harapannya untuk meringankan beban para korban kebakaran yang ada di Toli-Toli,” Kata Ahmad Yani, Bendahara DPP HILMI FPI, Jum’at (07/02/2020).

Bantuan-bantuan tersebut pun dengan segera dibawah oleh Relawan DPP HILMI FPI, Sdr Ahmad Yani, Rio dan Hanif ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pada Jum’at (07/02/2020) dan diberangkatkan menggunakan pesawat Lion Air sekitar pukul 05.15 Wib, (08/02/2020).

Setibanya di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie, barang bantuan langsung diterima oleh DPD HILMI FPI Sulawesi Tengah dan akan diberangkatkan menuju Toli-Toli.

In Sya Allah barang bantuan langsung kami bawa langsung ke Toli-Toli sekitar pukul 21:00 Wita,” Kata Sekda HILMI Sulawesi Tengah, Mahmud Labudu.(08/02/2020).

Perihal penyaluran yang akan disalurkan, Ketua Tanfidzi FPI Toli-toli menambahkan, “Rencananya beberapa bantuan seperti Peralatan Mandi, Tas Sekolah, Mukena, Baju Baru untuk Dewasa akan segera kami salurkan pada tahap pertama, sedangkan untuk Terpal, Selimut, dan Sarung akan kami salurkan setelah 14 hari pasca tanggap darurat Pemda setempat. Hal ini kami lakukan karna kekhawatiran adanya lonjakan kebutuhan karna adanya pemusatan bantuan ke titik tertentu sehingga perhatian ke daerah lain berkurang, maka kami dari DPW FPI Toli-Toli antisipasi hal itu terjadi dengan menyalurkannya secara dua tahap,” Pungkasnya.

Dipimpin langsung Sekretaris DPD HILMI FPI Sulawesi Tengah, Mahmud Labudu, barang bantuan tersebut diberangkatkan dari Palu menuju Toli-Toli sekitar pukul 22:30 Wita. Selama kurang lebih 14 jam mereka lakukan perjalanan untuk sampai ke tempat tujuan dengan dibantu beberapa Laskar FPI Sulawesi Tengah.

Tidak sampai disitu, relawan HILMI dan Laskar Sulawesi Tengah harus berjuang untuk menyampaikan amanat yang mereka emban, “Dalam perjalanan yang di lalui melintasi gunung tinombala yang menanjak sekitar 25 dan ekstrim dengan jarak kurang lebih 35 km, demikian itu terpaksa harus di tempuh hanya menggunakan 1 dan 2 parsneleng mobil,” Kata Mahmud Labudu.

Ia melanjutkan, “Sehingga para laskar yang menjaga logistik di belakang pickup harus tiarap untuk menjaga diri mereka dan menghindari agar jangan sampai terjungkal kebelakang dari badan pickup yang membawa logistik tersebut,”

Setibanya dilokasi, sekitar pukul 14:45 Wita, Tim langsung di arahkan ke posko bencana untuk unloading muatan bantuan logistik dari DPP HILMI yang kami bawa dari kota palu. Setelah semua muatan selesai mereka langsung di arahkan untuk beristirahat di sekretariat FPI Toli-Toli.

DPP HILMI FPI juga mengucapkan terima kasih kepada Staf dan Karyawan Lion Air yang turut membantu proses pengiriman terutama kepada Rubyntang Adri, Bang Ed, Bu Nila dan Kaha Surabaya yang ikut andil dalam penyaluran bantuan untuk korban kebakaran di kab Toli-Toli.

<< Sebelumnya
Selanjutnya >>

Narasumber : Sekretaris DPD HILMI Sulawesi Tengah, Mahmud Labudu.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / DPP HILMI FPI Salurkan Satu Ton Lebih Untuk Korban Kebakaran di Kab Toli-Toli
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

2 thoughts on “DPP HILMI FPI Salurkan Satu Ton Lebih Untuk Korban Kebakaran di Kab Toli-Toli”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *