HILMI Kirim Relawan Untuk Banjir Bandang  Bondowoso

Hilal Merah Indonesia, BONDOWOSO – Banjir bandang menerjang beberapa wilayah di Bondowoso. Sedikitnya ratusan warga terdampak akibat musibah yang terjadi pada Rabu (29/01/20).

Sungai yang berhulu dari Gunung Raung dan Gunung Suket meluap menumpahkan banjir bandang yang menerjang Desa Kalisat, Kecamatan Ijen dan sekitarnya, pukul 14:00 Wib.

Sebelumnya beberapa bulan lalu terjadi kebakaran hutan yang kerusakannya  mencapai 1000 H, akibatnya daerah hulu tidak lagi berfungsi sebagai tempat resapan air dan menjadi pemicu terjadinya bencana bandang.

Saat kejadian di Sempol hujan turun tidak begitu deras, namun di lereng Gunung Raung diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas tinggi sehingga airnya turun ke Sempol dengan membawa material kayu dan lumpur pasca kebakaran hutan.

Menindaklanjuti kejadian tersebut, FPI segera meluncurkan laskar dan relawan HILMI ke lokasi guna memberikan bantuan serta mengevakuasi para warga yang langsung dipimpin oleh Ustadz Bagus selaku Sekretaris DPW FPI Bondowoso.

Selanjutnya, pada Sabtu (01/02/20) para relawan Hilal Merah Indonesia baik yang berada di Kota Malang, Surabaya, dan Jember segera merapat ke lokasi bencana tepatnya berada di Kampung Baru. Mereka membantu DPW FPI Bondowoso untuk membuka jalan, mendirikan posko, serta membuatkan MCK darurat untuk keperluan sehari-hari warga dan para relawan.

Pada hari ini, Ahad (02/01/20), mereka yang masih berada dilokasi meneruskan pembukaan akses jalan yang tertimbun oleh bahan material, batu, kayu serta lumpur. Selain itu, mereka juga menyalurkan sekitar ratusan paket sembako dan keperluan mendasar warga lainnya.

Narasumber : Relawan HILMI Jawa Timur, Andre Aston & Relawan HILMI Surabaya Bekti.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / HILMI Kirim Relawan Untuk Banjir Bandang  Bondowoso
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *