Krisis Air Akibat Pipa PDAM Jebol, HILMI FPI Ikut Bertanggung Jawab Menyuplai Air

Hilal Merah Indonesia, MALANG – Terjadi kebocoran jaringan pipa transmisi PDAM disejumlah wilayah Kota Malang.

Akibat kejadian itu menyebabkan sekitar puluhan ribu warga dibeberapa daerah Kota Malang seperti Kedungkandang, Bumiayu, Sukun, Gadang, Sawojajar, Wonosari, Kebonsari dan wilayah lainnya mengalami krisis air bersih.

Warga mengeluhkan kesulitan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari, ada yang menumpang di rumah kerabatnya yang masih teraliri air dan ada pula yang hanya menunggu datangnya bantuan air bersih dari PDAM, namum kadang kala warga tidak kebagian karena mobil tangki harus berkeliling kedaerah lainnya.

Pertama kali kebocoran pipa itu terjadi pada Sabtu (11/01/20) di Desa Kidal sejak pukul 00.15 WIB dini hari, kemudian pada Senin (13/01/20) kebocoran kembali terjadi di Desa Pulungdowo, yang dimana kedua lokasi ini tidak berjauhan. Kemudian pada Rabu (15/01/20) pipa kembali pecah di daerah Desa Pulungdowo, Kecamatan Tumpang, Terakhir kejadian itu terjadi pada Senin (20/01/20) malam sekitar pukul 21:00 Wib di Desa Kidal tepatnya berada di Jalan Raya Kidal – Tajinan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Direktur Utama PDAM Kota Malang, Nor Muhlas saat konferensi pers Senin (13/1/2020) mengucapkan perihal penyebab terjadinya kebocoran tersebut, “Di sana pipa yang terpasang PN 10 bar, sedangkan existingnya 12,67 bar. Jadinya ya pecah, karena tidak kuat menahan beban,”

Melihat kejadian tersebut, Relawan Hilal Merah Indonesia serta Laskar FPI Kota dan Kabupaten Malang ambil bagian untuk meringankan beban masyarakat atas kesulitannya mendapatkan air.

Dipimpin langsung oleh Habib Abdullah Syahab selaku Ketua Tanfidz DPW FPI Kota Malang mereka melakukan penyuplaian air bersih ke sejumlah daerah Kota maupun Kabupaten Malang.

Utamanya di wonosari RT 01, RW 02 yang terdapat 130 warga dari 32 KK, air bersih berhasil didistribusikan sebanyak 7500 liter pada Ahad (19/01/20).

Senin (20/01/20), penyalurkan air bersih kembali dilakukan sebanyak 2200 liter ke Kelurahan Kebon Sari, RT 02 RW 02 yang terdapat 37 KK atau 100 warga.

Selasa (21/01/20), menyalurkan air bersih ke Kp Lowok Doro, Kelurahan Kebon Sari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, tepatnya di Gg 03, sebanyak 5350 liter yang langsung dibagikan oleh Pak Erwin selaku ketua RT setempat.

Kemudian Rabu (22/01/20) sekitar 7400 liter air bersih mereka salurkan ke Kp. Lowok Doro di RT 03.

Andre, Relawan HILMI-FPI Kota Malang menjelaskan, “Kegiatan ini rutin 4 hari berturut-turut kami lakukan, sejak pukul 15:00 hingga 02:00 Wib kami mendistribusikan air bersih ke wilayah-wilayah yang kesulitan air bersih yang diakibatkan pecahnya pipa,”

Salah seorang warga yang tiba-tiba menghampiri, lalu mengatakan dihadapan para Relawan dan Laskar FPI. “Kepada FPI Kota Malang yang membantu warga kami, Kp Lowok Doro RT 03 khususnya dalam bantuan air bersih, semoga kebaikan kalian semua oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan dibalas,”

Narasumber : Relawan Hilal Merah Indonesia Kota Malang, Andre Aston.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Krisis Air Akibat Pipa PDAM Jebol, HILMI FPI Ikut Bertanggung Jawab Menyuplai Air
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *