HILMI FPI Mendirikan Kembali Rumah Janda Tua Tunanetra Yang Roboh

HILMI FPI Mendirikan Kembali Rumah Janda Tua Tunanetra Yang Roboh

Hilal Merah Indonesia, KABUPATEN CIREBON – Hujan deras disertai angin kencang melanda Desa Kreyo, Kecamatan Klangenan, Kab. Cirebon 1 Januari 2020 Pukul 10:00 WIB.

Kejadian itu merobohkan satu rumah milik warga. Rumah gubuk berdinding anyaman bambu itu tidak mampu menahan kencangnya tiupan angin hingga merubuhkan semua pilar kayu yang menjadi penopangnya. Akibatnya rumah itu telah rata dengan tanah.

Pemilik rumah adalah seorang janda tua tunanetra bernama Ibu Turisi usia 70 tahun, hidup bersama tiga orang anaknya, dua di antaranya penyandang disabilitas mental atau gangguan kejiwaan.

Ibu Turisi dengan anaknya dievakuasi warga, untuk sementara waktu menempati rumah kosong milik tetangganya.

Mendapat laporan dari warga tentang kejadian yang menimpa ibu Turisi, HILMI FPI Kab. Cirebon langsung mengunjungi lokasi malam itu.

Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun mirisnya musibah ini telah menghancurkan bangunan milik satu keluarga yang memiliki kekurangan fisik,” terang salah satu warga kepada perwakilan HILMI FPI.

Keesokan harinya (2/1/2020), HILMI FPI Kab. Cirebon menggerakkan relawan bersama warga untuk melakukan “Cut And Fill” atau pembersihan puing rumah korban.

Setelah bersepakat dengan warga dan Komunitas Persaudaraan Kreyo (KPK), Tim HILMI FPI Kab. Cirebon berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Kreyo untuk mengambil langkah membangun kembali rumah milik ibu Turisi.

Dokumentasi proses pembangunan rumah turisi oleh HILMI dan Laskar FPI Kabupaten Cirebon.

Langkah awal HILMI FPI Kab. Cirebon segera mendidirikan posko, bergabung dengan Komunitas Persaudaraan Kreyo (KPK) sebagai sarana penggalangan dana.

Tanpa tunggu lama tanggal 3 Januari 2020 proses pembangunan mulai dijalankan, dibantu warga setempat dan beberapa anggota KPK.

Berawal dari mendirikan pondasi hingga pembangunan berhasil dirampungkan semua dikerjakan dalam waktu 10 hari.

Selesai proses pembangunan, Tim HILMI FPI kab. Cirebon menggelar acara tasyakur sederhana bersama Kepala Desa Kreyo, tokoh masyarakat, Komunitas Persaudaraan Kreyo, Karang Taruna, warga sekitar dan beberapa donatur yang telah membantu pendanaan pembangunan kembali rumah ibu Turisi.

Dilanjutkan serah terima kunci rumah secara simbolis diserahkan oleh Kang Uje (Ketua posko relawan HILMI FPI Kab. Cirebon) dengan Bpk. Rusdina (kepala Desa Kreyo) sebagai penerima.

HILMI-FPI juga mengucapkan terima kasih kepada Grup Whatsapp Majlas yang telah berpartisipasi dalam proses pembangunan rumah ibu Turisi.

Narasumber : Obby bin Affandi

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bedah Rumah / HILMI FPI Mendirikan Kembali Rumah Janda Tua Tunanetra Yang Roboh
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *