Pengolahan data yang dilakukan oleh BPS Jawa Barat : CekResi

Tugas BPS Jawa Barat dalam mengelola data kependudukan

 

Tahukah Anda tentang sensus penduduk yang dilakukan oleh BPS Jawa Barat?   Beberapa orang mungkin pernah mendengar tentang istilah ini, tetapi tidak banyak yang benar-benar mengerti apa artinya. Pendaftaran adalah proses pengumpulan data melalui pendaftaran setiap unit kependudukan dari seluruh wilayah Indonesia.

Biasanya, kegiatan pendaftaran dilakukan untuk tujuan tertentu. Misalnya, mengetahui bagaimana tingkat perkembangan penduduk dalam hal pendapatan, pekerjaan dan jumlah anggota keluarga. Sensus penduduk ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik di daerah masing-masing dengan mengerahkan petugas pendaftaran untuk mengunjungi rumah warga.

Pada sensus 2020, kegiatan pendaftaran data dilakukan secara daring, masing-masing warga mengakses laman pendaftaran BPS resmi untuk mengisi data. Kebanyakan orang mengikuti cara pemenuhan registrasi digital ini, sedangkan selebihnya eumium dilakukan secara offline.

Pencatatan atau kehilangan jiwa ini merupakan tugas utama BPS. Setelah proses pendaftaran selesai, sejumlah populasi yang datanya dapat digunakan untuk proses pemilihan, pengumpulan pajak atau definisi kebijakan ekonomi negara akan diperoleh. Biasanya, pendaftaran dilakukan selama 10 tahun.

BPS adalah lembaga pemerintah non departemen yang bertanggung jawab langsung kepada presiden yang mengatur cara kerjanya dan tugas pokoknya dengan UU No. 16, 1997. Anda ingin tahu dan tahu lebih banyak tentang badan sensus nasional ini? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa tugas BPS Jawa Barat?

Badan Pusat Statistik mempunyai tugas pokok melaksanakan tugas rangkuman dan pemerintahan bidan statistik lainnya yang diatur dengan undang-undang. Dalam menjalankan tugasnya, dilakukan beberapa tahapan, mulai dari pengisian, klasifikasi hingga pelaporan data kepada presiden dan kemudian kepada masyarakat umum.

Data dari pusat statistik bersifat terbuka dan bersifat publik, Anda dapat menerima layanan informasi terkait data statistik nasional melalui situs resmi atau Aplikasi BPS Jawa Barat.   Untuk  informasi lengkap,  silakan unduh ke halaman resmi. Selain tugas utama di atas, ada fungsi badan statistik, yaitu:

  1. Mengkaji, menyusun rencana dan merumuskan kebijakan di bidang statistika daerah dan nasional.
  2. Koordinasi kegiatan mental summary baik regional maupun nasional.
  3. Menerapkan sistem statistik nasional.
  4. Memberikan tenaga dan kemudahan untuk melakukan tugas ringkasan jiwa.
  5. Melakukan pedoman bagi instansi terkait sesuai bidang pekerjaannya dalam kegiatan statistik.
  6. Mengumpulkan data dan mengolahnya menjadi informasi yang bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat.
  7. Publikasi hasil sensus, berupa pelaporan kepada Presiden dan laporan resmi kepada masyarakat oleh BPS masing-masing daerah

Dalam perkembangannya, tugas dan fungsi BPS berkaitan erat dengan perkembangan teknologi informasi. Pada umumnya komputer pribadi digunakan untuk menggantikan pencatatan manual sehingga pendaftaran menjadi lebih mudah dan cepat dilakukan. Penggunaan internet juga membantu mentransfer data dari satu wilayah ke pusat kota.

Informasi yang diterima di BPS

BPS Jawa Barat mengumpulkan dan mengelola informasi dari masyarakat di wilayah Jawa Barat. Informasi tersebut mengumpulkan segala sesuatu tentang populasi, mulai dari usia, status perkawinan, jumlah anak dan tanggungan. Ini adalah informasi dasar dalam catatan.

Selain itu, informasi ketenagakerjaan, pendidikan, pendapatan dan berbagai isu ekonomi juga akan dikumpulkan sehingga data dapat digunakan oleh pemerintah untuk mencontoh kebijakan ekonomi masyarakat. Hasil data tersebut berupa skala pembangunan penduduk, situasi kemiskinan, tingkat pengangguran dan berbagai informasi lainnya.

Jika Anda membutuhkan informasi ini, Anda dapat memintanya langsung dari kantor BPS setempat atau menggunakan saluran online. Jika Anda memilih untuk langsung ke BPS Jawa Barat  , Anda bisa langsung ke resepsionis dan mengisi buku tamu. Kemudian cari data yang dibutuhkan.

Selanjutnya, operator Digilib akan membantu Anda mencetak perpustakaan yang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat mengirimkan permintaan soft copy dengan mengisi formulir permintaan. Layanan komunikasi langsung ini dapat dilakukan selama jam kerja dari Senin hingga Jumat. Akan lebih mudah dan lebih cepat jika Anda mengikat surat lamaran.

Misalnya, data yang diperlukan adalah untuk penelitian sekolah atau data tesis, jadi Anda harus meminta sekolah atau kampus untuk memberikan surat tertutup. Adanya surat tertutup akan mempercepat proses pemberian data dari BPS.

Jika anda tidak bisa langsung ke kantor, anda akan memiliki akses pada saat publikasi di website resmi BPS. Pada halaman ini Anda akan menemukan informasi tentang statistik populasi dan Anda dapat memilih berdasarkan tahun publikasi. Di akhir judul penerbitan ada tombol untuk mengunduh.

Pengolahan data yang dilakukan oleh BPS Jawa Barat

Fase pengolahan data merupakan fase penting dalam menentukan seberapa tinggi akurasi dan akurasi data yang dihasilkan. Ketika masih menjadi Biro Pusat Statistik, pengolahan data dilakukan secara manual menggunakan kalkulator dan sempoa sebagai alat komputasi.

Sekarang pencatatan dan pengolahan data menggunakan metode modern, yaitu penggunaan komputer. Tepatnya, sejak 1960 kebijakan penggunaan komputer mulai dilakukan. Namun, pada saat itu, perekaman data masih manual dan kemudian dimasukkan ke dalam komputer.

Saat ini, semua rekaman dibuktikan secara langsung menggunakan peralatan komputer. Oleh karena itu, masyarakat dalam sensus penduduk 2020 diminta untuk mengisi pendaftaran online, baik melalui website maupun aplikasi BPS Jabar.   Juga  , apakah Anda berpartisipasi dalam sensus 2020?

Pengolahan data menggunakan komputer telah disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi di Indonesia. Pemrosesan data menjadi lebih cepat dan efisien. Selain itu, mempercepat transfer data dari daerah ke pusat sehingga hasil pendaftaran dapat diambil dalam waktu yang lebih singkat.

Informasi Sensus MA nfaat dari BPS

Proses pengumpulan populasi dilakukan pada saat tidak dapat dikatakan pendek. Kalaupun menggunakan sistem komputer, masih butuh waktu untuk mengumpulkan data seluruh penduduk Indonesia yang jumlahnya tidak sedikit. Setelah semua informasi dikumpulkan, dapat diolah menjadi data statistik yang berguna bagi pemerintah.

Apa kelebihan dari data ini? Ada tiga jenis data yang disajikan oleh hasil ringkasan kependudukan, yaitu data sosial kependudukan, ekonomi perdagangan, dan pertanian pertambangan. Seluruh hasil statistik dari BPS Jawa Barat dapat digunakan untuk membuat kebijakan yang berbeda-beda untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, misalnya:

  1. Pembangunan fasilitas umum dengan mengatur jumlah penduduk dalam suatu daerah.
  2. Membangun fasilitas pendidikan untuk mendukung generasi muda mendapatkan pendidikan yang layak.
  3. Penambahan fasilitas kesehatan khususnya di daerah-daerah yang masyarakatnya minim mendapat pelayanan kesehatan.
  4. Membuka lapangan kerja dan melatih industri kreatif untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.
  5. Memberikan bantuan yang ditargetkan kepada orang miskin.
  6. Pelatih dan pelatih kewirausahaan.
  7. Pengembangan hutan, perikanan, perkebunan dan peternakan hewan dengan mengatur wilayah sebaran.
  8. Pendampingan bagi petani pangan dan hortikultura yang sesuai dengan definisi dan sasarannya.

Dengan demikian, tidak hanya untuk kebutuhan elektoral, pencatatan penduduk telah dilakukan, tetapi ada beberapa fungsi penting lainnya untuk pembangunan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan seluruh lapisan masyarakat akan membantu menyelenggarakan sensus.

Badan statistik memiliki fungsi dan tugas nyata dalam mengelola data kependudukan daerah dan nasional. Beberapa tugas penting yang dipegang BPS di tingkat provinsi menjadi sangat penting dalam proses pendataan. Dengan  mengisi formulir pendaftaran BPS Jawa Barat, Anda membantu pemerintah memahami Indonesia yang sejahtera.

Sumber :