Terisolir Akibat Longsor, Hanya Ada Bantuan HILMI FPI di Pedalaman Sukajaya

Hilal Merah Indonesia, BOGOR – Pasca terjadinya banjir yang disertai longsor di Wilayah Bogor Barat, tepatnya di Desa Harkatjaya, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, DPW FPI Kabupaten Bogor yang dipimpin Habib Hasan Assegaf bersama Maulana (Oker) Selaku Koordinator Posko Bencana secara sigap dan cepat mendirikan beberapa posko bencana sejak kamis (02/01/20)

Akibat akses jalan yang terputus menjadikan para Laskar FPI Kabupaten dan Kota Bogor harus membuka jalur baru dengan menempuh jarak puluhan kilo meter serta harus melewati bukit terjal dan licin dengan peralatan seadanya untuk sampai di lokasi bencana terparah di zona Bogor Barat tersebut.

Sulitnya medan yang dilalui itu ditambah dengan beban membawa bantuan logistik yang dipikulnya untuk disalurkan ke warga terdampak dilokasi banjir dan longsor tersebut.

Sesampainya dilokasi, tanpa membuang waktu para laskar FPI segera turun dan langsung membantu mengevakuasi warga secara bergotong royong. Dengan penuh kesabaran dan perhatian para laskar terlihat menandu korban satu persatu, diantaranya ada warga yang sedang sakit bahkan ada seorang ibu yang baru melahirkan, untuk di larikan ke puskesmas terdekat ataupun ketempat lainya untuk mendapat penanganan.

Akibat kejadian ini sekitar 265 warga harus mengungsi ke sekolah atau wilayah sekitar yang lebih aman, dikarenakan mereka tidak bisa keluar dengan akses yang tertutup oleh longsor.

Sdr Maulana melaporkan “Banyaknya wilayah-wilayah yang masih terisolir, listrik yang padam pasca banjir dan longsor itu, serta jalan-jalan yang tertutup akibat longsor, mengharuskan para laskar berjalan puluhan kilo meter untuk menyalurkan bantuan ke warga didesa yang belum tersentuh bantuan. Hingga saat ini (09/01/20) terlihat hanya FPI yang berada dilokasi bencana tersebut, dan belum ada bantuan lainnya yang berhasil masuk karena aksesnya yang sulit ditempuh,”

Sdr Maulana yang kerap disapa dengan Oker ini menambahkan, “Hingga hari kedelapan ini sudah enam posko yang didirikan FPI dibeberapa wilayah Bogor Barat, diantaranya  Posko Induk diwilayah Cigudeg, di Desa Harkatjaya, di Kp Banar, di Kampung Curug Bitung Kecamatan Nanggung, di Cigowong Kecamatan Cigudeg. dan yang terakhir Posko yang berada di Kecamatan Jasinga,”

Para warga Harkatjaya sangat berterima kasih kepada FPI Kabuapaten Bogor dan Hilal Merah Indonesia yang secara cepat membantu mereka yang tertima musibah sejak hari pertama pasca bencana.

Salah satu warga yang diwawancarai mengatakan “Kami ucapkan terima kasih dengan kehadiran DPW FPI Kabuapaten Bogor dan Hilal Merah Indonesia (HILMI) yang telah membawa berbagai keperluan logistik dan lainnya sejak hari pertama musibah tersebut,”

Narasumber : Koordinator Posko Bencana, Maulana (Oker).

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Terisolir Akibat Longsor, Hanya Ada Bantuan HILMI FPI di Pedalaman Sukajaya
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

2 thoughts on “Terisolir Akibat Longsor, Hanya Ada Bantuan HILMI FPI di Pedalaman Sukajaya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *