Mendayung Perahu Dengan Talenan, Relawan HILMI FPI Mengevakuasi Korban Banjir

Hilal Merah Indonesia, KABUPATEN TANGERANG – 01 Januari 2020 dini hari, HILMI FPI kabupaten Tangerang masih terus mencoba mengevakuasi warga pondok Arum kel. Sangiang, tangerang kota, wilayah yang paling parah terdampak banjir, yaitu dengan kedalaman mencapai 2 sampai 5 meter akibat meluapnya kali Cisadane.

Sejak maghrib hingga pukul 07.00 pagi Tim penyelamat banjir HILMI-FPI Kabupaten Tangerang dengan melibatkan sayap juang FPI lainnya mengevakuasi sedikitnya ratusan warga dari sekitar 10.000 warga yang menjadi korban, dengan menggunakan perahu karet milik BPBD PMI Relawan Rescue, mereka terus bergerak menelusuri setiap jalan guna mencari korban yang tertinggal didalam rumahnya.

Dengan menggunakan tujuh buah perahu karet semuanya berjalan terpencar dengan hanya mengandalkan penerangan seadanya seperti senter ataupun flash handphone. Ketua HILMI-FPI Kabupaten Tangerang Dede Winata menceritakan “Perjalanan evakuasi sedikit mengalami gangguan akibat banyaknya mobil  yang tenggelam sehingga membuat perahu sering tersangkut,

Dan walaupun jumlah dayung terbatas kami tetap berjalan dengan melawan arus menggunakan talenan serta papan penggilesan untuk mendayung,” Demikian cerita Dede Winata saat ditanyakan tim media HILMI melalui sambungan telepon.

Berjalan dalam kegelapan mereka menyisir setiap rumah yang dilewatinya dan langsung merapat ketika ada korban yang memanggil. Flash handphone yang digoyangkan dijadikan isarat panggilan untuk meminta bantuan.

Dalam melakukan evakuasinya Tim relawan kebanyakan menjumpai keluarga yang mempunyai bayi dan lansia. Mereka bertahan dilantai dua ataupun diatas atap rumahnya sambil menunggu bantuan datang. Karena keterbatasan perahu dan sulitnya proses evakuasi, mereka terpaksa harus menunggu giliran.

Evakuasi lansia dan bayi terpaksa dilakukan dangan melewati genteng, asbes ataupun melalui jendela dengan dibantu para relawan yang membawa bambu ataupun alat bantu yang ada.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Mendayung Perahu Dengan Talenan, Relawan HILMI FPI Mengevakuasi Korban Banjir
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *