HILMI FPI NTB Kerjasama Dengan Dinas Sosial Salurkan Puluhan Ribu Liter Air Bersih

HILMI FPI NTB dan Dinas Sosial Salurkan Puluhan Ribu Liter Air Bersih

Hilal Merah Indonesia, LOMBOK UTARA – Kekeringan di sejumlah wilayah Lombok masih saja terjadi, terutama di wilayah Lombok Utara yang hingga kini masih membutuhkan asupan air bersih.

Berdasarkan laporan yang diperoleh dari Pak Sahri selaku Kepala Dusun Panggung Barat dan Pak H. Handi selaku tokoh masyarakat Dusun Tenggorong, ada sekitar 436 KK dari 2 dusun tersebut yang mengalami krisis air bersih.

Faktor penyebab kekeringan tersebut disebabkan rusaknya saluran pipa penyalur air bersih akibat guncangan gempa bumi yang melanda NTB pada 5 Agustus 2018 lalu. Selain itu, kemarau panjang juga salah satu penyebab krisisnya air.

HILMI FPI NTB Kerjasama Dengan Dinas Sosial Salurkan Puluhan Ribu Liter Air Bersih
Proses Penyaluran Air Bersih HILMI-FPI NTB bersama Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara ke dua desa. (10/12/19)

Selama ini, warga kedua dusun tersebut mendapatkan air dengan cara membeli atau menunggu bantuan dari relawan maupun instansi terkait.

Warga yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan peternak mengeluhkan keadaan tersebut, ditambah kekeringan yang membuat mereka sulit mendapatkan air besrih untuk mandi, memasak, mencuci dan berwudhu, dan lain sebagainya. Mereka juga mengeluhkan irigasi sawah yang kini tak bisa digunakan untuk bercocok tanam, karena kering.

Melihat hal itu, DPD HILMI-FPI NTB bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara menerjunkan beberapa relawannya untuk meringan beban para warga dengan menyalurkan air bersih di dua dusun tersebut.

Selama dua hari, penyaluran air bersih itu pun berhasil disalurkan ke Dusun Panggung Barat dan Dusun Tenggorong pada Selasa (10/12/19).

Alhamdulillah, selama dua hari, yaitu hari jum’at kemarin 6 Desember, dan hari ini, kami bersama Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara berhasil mendistribusian air bersih ke dua dusun tersebut,” Kata Syafi’i Relawan DPD HILMI-FPI NTB.

Pertama, lanjutnya, 8.000 liter air bersih untuk Dusun Panggung Barat, Desa Slengen, Kecamatan Kayangan dan 4.000 liter air bersih untuk dusun Tenggorong, Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Dengan jumlah total 12.000 liter air bersih berhasil disalurkan kepada warga yang sangat membutuhkan air bersih.

HILMI FPI NTB Kerjasama Dengan Dinas Sosial Salurkan Puluhan Ribu Liter Air Bersih
Penyaluran Air Bersih ke Dusun Sambik Jengkel. (06/12/19)

Sementara, pada Senin (09/12/19) HILMI-FPI NTB juga menyalurkan air bersih ke Dusun Sambik Jengkel, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara sekitar 2800 liter air bersih.

Minimal daerah yang mengalami kekeringan air ini bisa kita distribusikan secara merata,” Harap Syafi’i.

Tak lupa juga, DPD HILMI-FPI NTB mengucapkan terima kasih kepada Dinas Sosial Kabupaten Lombok Utara atas kerjasamanya untuk melayani masyarakat yang kekurangan air bersih disejumlah wilayah.

Editor ; Aan. S

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / HILMI FPI NTB dan Dinas Sosial Salurkan Puluhan Ribu Liter Air Bersih
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *