DAHSYAT !!! Tidak Tanggung HILMI FPI Dalam Sehari Renovasi Dua Rumah Miskin

Gubuk Mungil Pak Syamsuni Usai Dibedah, HILMI FPI Kab Malang Sasar Rumah Lainnya

Hilal Merah Indonesia, MALANG – Program bedah rumah yang digagas HILMI-FPI Malang berlanjut usai merampungkan tiga buah rumah yang berhasil direnovasi.

Kriteria rumah yang laik dibedah dalam program ini yaitu atap yang sudah rapuh, jebol, bocor, sehingga membahayakan bagi penghuni. Kemudian rangka dinding rusak, lantai masih tanah, tidak ada MCK serta kondisi ekonomi pemilik rumah yang pas-pasan atau bisa dibilang tidak mampu.

Dalam hal ini, tim HILMI FPI telah menentukan siapa saja yang laik untuk mendapatkan program tersebut. HILMI FPI juga telah memiliki standar SOP yang tidak pernah membeda-bedakan perlakuan kepada siapapun calon penerima bantuan. Bahkan, non muslim sekalipun jikalau memang memenuhi kriteria, maka mereka berhak untuk mendapatkannya.

Bantuan yang biasa diberikan, yaitu berupa bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan usai dilakukan pendataan. Kemudian, proses pembangunannya dikerjakan secara swadaya oleh para relawan FPI serta melibatkan warga setempat secara gotong royong.

Kali ini, warga Desa Brongkal yang mendapat kesempatan untuk menerima bantuan bedah rumah HILMI dan menjadi rumah ke empat sejak program ini dijalankan.

Tepatnya di jalan Kyai Sahla RT 07, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Disana tinggal seorang pemulung bernama Syamsuni (47 th). Syamsuni menetap di gubuk bambu kecil berukuran lebih-kurang 2×3 meter persegi, sebagai rumah tinggal yang boleh dibilang tidak laik huni.

Dikediaman tersebut, pak Syamsuni menghabiskan masa tuanya sebatang kara, setelah sekian lama istri beliau telah meninggalkannya, yang ntah dimana sampai sekarang keberadaannya tidak pernah diketahui.

Rumah Pak Syamsuni berdiri diatas tanah milik orang lain yang diberikan izin untuk dipergunakan sepanjang dibutuhkan olehnya alias seumur hidupnya.

Namun sayang, rumah tersebut tidak memiliki kamar mandi yang sudah seharusnya menjadi kebutuhan utama di setiap rumah. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan MCK, beliau harus menumpang di rumah-rumah tetangganya.

Menyikapi hal itu, Pengurus Pusat melalui delegasi yang dilakukan Pengurus Wilayahnya mulai merenovasi rumah pak Syamsuni, Ahad 3 November 2019. Program ini selain dari para relawan DPW FPI KAB. MALANG, juga dibantu oleh DPC FPI Kec. Kepanjen, Karang Taruna, Pemerintah Desa, serta warga setempat.

Melalui kesepakatan berbagai pihak, akhirnya rumah pak Syamsuni berhasil diselesaikan pada hari yang sama, dengan memperluas bangunan dan juga menambahkan beberapa ruang yang dibutuhkan seperti kamar mandi dan lain sebagainya.

Gubuk Mungil Pak Syamsuni Usai Dibedah, HILMI FPI Malang Sasar Rumah Lainnya
Gubuk Mungil Pak Syamsuni Usai Dibedah, HILMI FPI Malang Sasar Rumah Lainnya

Semangat relawan saat melakukan pekerjaannya terlihat begitu heroik sehingga mengundang simpati warga lainnya, ada yang menyumbangkan kebutuhan bangunan yang kurang hingga bantuan konsumsi.

Pada hari yang sama HILMI FPI juga melangsungkan kegiatan bedah rumah pada lokasi lainnya >> Lanjutan

Sumber : Ustadz Mukhlis, Ketua HILMI-FPI Kabupaten Malang.
Editor : AAN

Berikut Video Dokumentasinya :

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bedah Kampung / Gubuk Mungil Pak Syamsuni Usai Dibedah, HILMI FPI Kab Malang Sasar Rumah Lainnya
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *