HILMI Kabupaten Garut bersama Laskar Cibatu Kembali Distribusikan Air Bersih

Dua Desa di Garut Kering Kerontang, HILMI dan LPI Distribusikan Air Bersih

Hilal Merah Indonesia, JAWA BARAT – Melanjutkan kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan oleh HILMI dan Laskar FPI Kabupaten Garut kemarin, kali ini para mereka mendistribusikan air bersih kepada warga terdampak kemarau panjang di dua kampung dari dua desa yang berbeda pada 21 Oktober 2019.

(Baca : 7 Provinsi Mengalami Kekeringan, Giliran HILMI FPI Garut Berbagi Air Bersih )

Ustadz Dadan Ramadansyah Spd, selaku Ketua DPC FPI Cibatu, segera menurunkan para laskarnya untuk menyuplai air bersih ke Kp. Cigadung, Desa Karyamukti, dan Kp. Cukang, Desa Keresek, Kabupaten Garut.

Warga Kesulitan Air Bersih, HILMI dan Laskar Datang Membantu

Dengan perkakas seadanya, Laskar FPI Cibatu berhasil mendistribusikan sebanyak 3600 liter air, dan warga antusias menyambut pendistribusian air tersebut.

Ketua DPW FPI HILMI Kabupaten Garut, Ade Rachmad Wijaya menjelaskan bahwa kegiatan penyaluran air ini menargetkan sekitar 50.000 liter air untuk para warga yang mengalami kesulitan air bersih di wilayah Kabupaten Garut.

Meski terkendala jarak lokasi dan minimnya peralatan, tak membuat para laskar mundur untuk menjalankan misi kemanusiaan ini.

Warga Kesulitan Air Bersih, HILMI dan Laskar Datang Membantu
Warga Kesulitan Air Bersih, HILMI dan Laskar Datang Membantu

Hingga berita ini diturunkan, para laskar dari cabang FPI Cibatu masih terus mendistribusikan air bersih ke dua kampung tersebut.

HILMI dan FPI Cibatu Masih Berlanjut Distribusikan Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kemarau

DPC FPI Cibatu kembali melanjutkan pendistribusian air bersih ke beberapa wilayah kabupaten Garut, kali ini mereka mendistribusikan air bersih ke Kecamatan Cibatu tepatnya di Kp. Pasir Goong, Desa Keresek dan Kp. Pangkalan, Desa Sindansuka, pada 22 Oktober 2019.

  • HILMI dan FPI Cibatu Masih Berlanjut Distribusikan Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kemarau
  • HILMI dan FPI Cibatu Masih Berlanjut Distribusikan Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kemarau

Para Laskar dari DPC FPI Cibatu berangkat menuju Kp. Pasir Goong untuk mendistribusikan air bersih karena didaerah tersebut mengalami kekeringan akibat kemarau panjang sejak beberapa bulan terakhir.

Sebanyak 5000 liter air bersih berhasil disalurkan dan warga sangat antusias ketika para laskar datang membawa truk yang berisikan air bersih.

  • HILMI dan FPI Cibatu Masih Berlanjut Distribusikan Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kemarau
  • HILMI dan FPI Cibatu Masih Berlanjut Distribusikan Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kemarau

Tak sampai disitu, para laskar FPI Cibatu melanjutkan pendistribusian air bersihnya menuju Kp. Pangkalan yang mengalami hal serupa seperti yang terjadi di Kp. Pasir Goong itu sangat antusian dengan membawa drigen kosong untuk diisikan air bersih para laskar FPI Cibatu Datang.

Dengan Total Penyaluran Air bersih sebanyak 10.000 liter untuk di dua desa dari satu kecamatan tersebut DPC FPI terus melakukan pendistribusian ke beberapa wilayah lainnya di Kabupaten Garut.


Lahan Menjadi Tandus Akibat Kekeringan, HILMI dan Laskar FPI Estapet Salurkan Air Bersih
Kondisi Kp. Dungus Maung, Desa Sirna Galih, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut
(23 Oktober 2019)

Lahan Menjadi Tandus Akibat Kekeringan, HILMI dan Laskar FPI Estapet Salurkan Air Bersih

Masih dalam Agenda Pendistribusian DPW HILMI FPI Kabupaten Garut, kali ini penyaluran air bersih ditujukan ke Kp. Dungus Maung, Desa Sirna Galih, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, pada 23 Oktober 2019.

Sedikitnya 700 warga menjadi korban kekeringan air bersih hingga menyebabkan lahan perkebunan warga menjadi tandus.

Selain itu, sebagian masyarakat Kp. Dungus Maung biasanya mengambil air bersih ke wilayah Kp. Cipanis yang terletak dibawah Kp. Dungus dengan jarak sekitar 2 KM dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Sedangkan bagi warga yang tidak memiliki kendaraan mereka membeli air bersih seharga Rp. 5000/ Drigen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Setelah melakukan investigasi, HILMI Kabupaten Garut bersama para Laskar FPI Cisurupan bergegas mempersiapkan peralatan meski dengan seadanya untuk menyalurkan air bersih kepada warga sekitar.

Di lokasi pengambilan air, Kp. Ciharempas, para laskar berbaris dari pukul 21:00 WIB untuk mengisi air ke toren hingga penuh dengan cara estapet.

Pendistribusian air bersih ini berlanjut hingga 4 kali penyaluran ke Kp. Dungus Maung hingga pagi pukul 04:00 WIB, sebanyak 7000 liter air bersih berhasil disalurkan oleh HILMI Kabupaten Garut dan Laskar FPI Cisurupan.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bakti Sosial / Dua Desa di Garut Kering Kerontang, HILMI dan LPI Distribusikan Air Bersih
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

One thought on “Dua Desa di Garut Kering Kerontang, HILMI dan LPI Distribusikan Air Bersih”

Comments are closed.