HILMI Surakarta & Al-Islam Peduli Salurkan 12 Tandon dan 20 Tangki Air Bersih

Hilal Merah Indonesia, SURAKARTA – Musibah kemarau panjang yang terjadi di berbagai daerah, mengakibatkan sulitnya mendapatkan air bersih. Seperti yang dirasakan warga di Provinsi Jawa Tengah.

HILMI-FPI Surakarta bersama dengan Al-Islam Peduli kembali menyalurkan sebanyak 12 tandon (toren) air untuk warga terdampak di Kecamatan Paranggupito dan Girisubo-Jawa Tengah pada Sabtu 28 September 2019.

(baca : HILMI-FPI dan Komunitas Islam Wakafkan Tandon Air tuk Warga Kekeringan di Wonogiri )

Usai meninjau keperluan pendistribusian tandon, pada Kamis 5 September 2019 lalu, HILMI-FPI Surakarta bersama dengan Al-Islam Peduli akhirnya menentukan sebanyak 12 Dusun untuk Pendistribusian tandon air tersebut. Dari 12 titik dibagi dua Kecamatan yaitu Kecamatan Paranggupito dan Kecamatan Girisubo.

HILMI Surakarta dan Al-Islam Peduli Serah Terima 12 Tandon Air & 20 Tangki Air
HILMI-FPI Surakarta dan Al-Islam Peduli Salurkan 12 Tandon Air ke Wilayah Jawa Tengah

(Baca : HILMI-FPI & Al-Islam Peduli Salurkan Tandon Air ke Wilayah Jawa Tengah )

Pendistribuskan tandon air berukuran 6000L dikirim ke Kecamatan Paranggupito sebanyak 11 Tandon untuk kemudian dibagikan ke 4 Desa Sambiharjo, diantaranya Dusun Pakis, Dusun Gambir, Dusun Jeruk Wangi, Dusun Bakalan. Sedangkan 6 Tandon didistribusikan ke Desa Paranggupito, diantaranya Desa Sawit, Desa Nguni, Desa Grimbal, Desa Kloposari, Desa Nongosari, Desa Parang.

Kemudian 1 Tandonnya lagi didistribusikan ke Dusun Gondangsari, Desa Songbledek, dengan total sebanyak 11 tandon didistribusikan ke Kecamatan Paranggupito.

Dan 1 Tandon sisanya, didistribusikan oleh HILMI-FPI Surakarta ke Dusun Bandung, Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Jawa Tengah.

“Kami telah berhasil mendistribusikan sebanyak 12 tandon air dengan harga Rp. 6,5 juta beserta instalasinya dengan biaya sebesar Rp.2 juta. Sedangkan 3 tandon airnya sudah di lokasi. Namun belum terpasang instalasinya dan akan menyusul,” kata Ustadz Choirul, perwakilan dari Tim HILMI-FPI Surakarta.

Menurut beliau, masih banyak warga yang membutuhkan tandon air diberbagai wilayah tersebut. Sebelum melakukan prosesi serah terima, HILMI-FPI Surakarta bersama dengan Tim Al-Islam Media dan Kru Al-Islam Media melakukan survey terlebih dahulu ke 12 dusun penerima bantuan tandon air tersebut.

“Alhamdulillah, secara umum semua bantuan tandon air dari para donatur telah siap bahkan sebagian sudah memberikan manfaat besar,” Kata Ustadz Choirul RS.

HILMI Surakarta dan Al-Islam Peduli Serah Terima 12 Tandon Air & 20 Tangki Air
Proses Serah Terima 12 Tandon secara simbolis oleh Perwakilan dari 12 Dusun

Serah Terima Tandon tersebut digelar di Balai Desa Paranggupito pada pukul 13:00-14:00 WIB yang dihadiri perangkat Desa Paranggupito dan Perwakilan dari 12 Dusun serta para donatur yang ikut andil dalam pendistribusian tandon air ini.

Pendistribusian Tandon Air ini terselenggara atas kerjasama antar Al-Islam Peduli dengan HILMI FPI Surakarta, Alumni Fakultas Tambang 1980, NN Group, Al-Ma’ruf Group, Zaida Group, dan para donatur lain.

Dalam sambutannya, Ustadz Choirul RS juga menerangkan dengan detail Kiprah Hilal Merah Indonesia salah satu sayap juang dari Front Pembela Islam yang selama ini aktif dalam misi kemanusiaan Nasional maupun Internasional.

HILMI Surakarta dan Al-Islam Peduli Serah Terima 12 Tandon Air & 20 Tangki Air

“HILMI merupakan organisasi kemanusiaan di bawah naungan Front Pembela Islam. Inilah sebenarnya yang dilakukan HILMI, kami selalu terjun di berbagai lokasi bencana alam di seluruh Indonesia bahkan hingga ke tingkat internasional,” jelas Ustadz Choirul RS di Balai Desa Paranggupito saat prosesi serah terima tandon air.

Antusias para warga terlihat saat mendengar sambutan yang disampaikan oleh Ustadz Choirul RS di Balai Desa Paranggupito yang membahas kiprah HILMI sebagai sayap juang dari Front Pembela Islam.

“Sempat kemarin, kami bersama tim Al-Islam Peduli menghimpun informasi kebutuhan warga, mereka masih banyak yang membutuhkan berupa tandon air, pipanisasi dan pembuatan sumur bor,” kata Ustadz Choirul RS.

Setelah proses serah terima tandon air tersebut, acara dilanjutkan dengan menyerahkan Dana Bantuan Air Bersih untuk pengisian sebanyak 20 Truck Tangki air bersih Periode ke 5.

Karena kendala debit di sumber air semakin kecil serta antrian truck tangki yang semakin panjang, maka Al-Islam Peduli menyerahkannya dalam bentuk dana yang selebihnya kepada penerima bantuan air tersebut diminta dokumentasinya.

Melalui Penyerahan Tandon Air sebanyak 12 Set dan Air Bersih sebanyak 20 tangki pada periode ke 5, sedikitnya 840 KK dari 12 Dusun mendapatkan manfaat bantuan tersebut.

Dan Berikut adalah Dokumentasi Serah Terima bantuan sebanyak 12 Tandon Ukuran 6000L dan Dana untuk 20 Tangki Air Bersih.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / HILMI Surakarta & Al-Islam Peduli Salurkan 12 Tandon dan 20 Tangki Air Bersih
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram