Lahan di Desa Malewa Terbakar, FPI Poso Kembali Lakukan Pemadaman

Hilal Merah Indonesia, POSO – Bencana kebakaran lahan dan hutan di Kabupaten Tojo Una-Una, Poso yang terjadi sejak tanggal 9 – 13 September 2019, masih terus terjadi. Kobaran api masih terus melahap lahan di sekitarnya.

Salah satu Desa yang terdampak akibat kebakaran hutan ini adalah Desa Malewa. Api yang membesar itu seolah ingin melahap seluruh lahan yang berada di sekitarnya hingga mendekati perkebunan warga.

Lahan di Desa Malewa Terbakar, FPI Poso Kembali Lakukan Pemadaman

DPW FPI Poso kembali terjun ke lokasi guna membantu warga Desa Malewa memadamkan api yang mendekati perkebunan Kakao milik warga, dimulai sejak pukul 20.40 WITA dengan menggunakan penyemprot air, para laskar bersama warga berhasil memadamkan api 3 jam kemudian.

Aktivitas sosial ini dipunggawai oleh Ketua DPW FPI Poso, Ustadz Kasmuri Salamah serta Ketua DPD FPI Sulawesi Tengah, Ustadz Sugianto Kaimudin yang juga telah menerjunkan para personilnya di aksi tersebut.

Para laskar semakin bersemangat, lantaran di tengah perjuangan bisa bersama ormas lain seperti Wahdah, SKPI, SKUT, Majelis ta’lim Al-Muhajirin dan lain sebagainya.

Lahan di Desa Malewa Terbakar, FPI Poso Kembali Lakukan Pemadaman

“Selama sepekan ini, kami terus bergumul berjibaku melawan ganasnya si jago merah yang terus merambat serta menghanguskan hutan perkebunan warga sekitar,” ungkap Ustadz Sugianto Kaimudin.

Usai memadamkan api di wilayah Pegunungan Desa Lanto Jaya Kec. Poso pesisir kab. Poso, sorenya para relawan bergeser ke Wilayah Tojo Una-Una, di Desa Uekuli untuk berusaha memadamkan api di pinggir jalan trans Sulawesi.

Sebagai informasi bahwa sebelumnya, tim relawan mendapat laporan dari tim siaga bencana FPI di daerah Dialewa api kian membesar. Tanpa pikir panjang tim siaga bencana FPI dan LPI bersama SKUT, SKPI dan Majelis Ta’lim Al Muhajiri, langsung beranjak ke Desa Malewa dan membagi personil ke dua titik arah api sebelah kanan dan kiri.

Lahan di Desa Malewa Terbakar, FPI Poso Kembali Lakukan Pemadaman

FPI mengambil bagian kanan dengan mengendarai motor, sebab lokasi kebakaran sangat jauh serta dekat dengan lahan pertanian warga.

Sementara laskar yang berada di lokasi ikut mebagikan nasi bungkus serta air mineral kepada warga dan Relawan. Mengingat tugas ini sangat berat, kata Ustad Sugianto, maka butuh kerja sama antar semua lembaga.

“Allah Maha Kuasa, jika dipikirkan dengan akal manusia tak mungkin api yang begitu besar dapat padam dengan hanya menggunakan semprotan rumput. Tapi ini luar biasa Allah telah membantu kami dan api yang besar dan sangat dekat ke perkebunan cengkeh milik warga itu bisa berhasil dipadamkan dengan mengandalkan 5 orang Laskar di tengah hutan belantara,” jelas Ustadz Sugianto.

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Lahan di Desa Malewa Terbakar, FPI Poso Kembali Lakukan Pemadaman

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram