Bencana Kabut Asap Meluas, HILMI-FPI Riau Gelar Program Darurat Asap

Hilal Merah Indonesia, RIAU – Kebakaran hutan yang meluas ke berbagai Kabupaten di Provinsi Riau, telah menjadi sorotan publik baik di Indonesia hingga sampai mancanegara. Hal ini merupakan suatu bahaya besar yang mengancam kepunahan satwa yang di dalamnya hingga gangguan kesehatan bagi manusia di sekitarnya.

Hal inilah yang mendorong upaya para relawan dari Front Pembela Islam beserta sayap juangnya untuk menciptakan sebuah program kegiatan sosial secara kontinyu untuk bisa meminimalisir kondisi demikian.

Program Darurat Asap, HILMI-FPI Riau Bagikan Sebanyak 5000 Masker

Sebagaimana diketahui, setidaknya tercatat sudah hampir 12 Kota dan Kabupaten di Provinsi Riau ini mengalami dampak kabut asap tebal yang diakibatkan oleh terbakarnya hutan tersebut, antara lain Kampar, Palalawan, Siak, Pekanbaru, Dumai, Rohul, Rohil dan masih banyak lagi.

DPW HILMI-FPI Riau menyerukan kepada seluruh personil dan sayap juangnya untuk dapat membantu setiap program aktivitas sosial yang telah dicanangkan dan dijalankan selama musibah ini masih terus berlangsung.

“Program kami untuk mememinimalisir musibah kabut asap di Provinsi Riau ini adalah mendirikan sebuah Posko Asap, Pengaduan Asap, Pengobatan gratis bagi penderita ISPA, menyediakan sarana Ambulance, pembagian Masker secara gratis, penyaluran Air Mineral serta persiapan penerjunan seluruh Relawan,” ungkap Ketua HILMI-FPI Riau, NS. Roni Saputra.

Program Darurat Asap, HILMI-FPI Riau Bagikan Sebanyak 5000 Masker

Saat ini, lanjutnya, Posko Bencana Asap sudah berhasil didirikan oleh sejumlah relawan yakni berada di jalan Imam Munandar, Harapan Raya No. 102, samping Masjid Ar Rahim-Riau.

Selain itu, kata Roni, para relawan juga telah menggelar pengobatan gratis bagi penderita ISPA. Kegiatan ini akan terus berjalan setiap harinya dan berkesinambungan.

“Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan mendatangakan seorang Dokter khusus, Perawat serta Apotekernya yang berlokasi di RS IN. Kemudian kami juga sudah membagi-bagikan sebanyak 5.000 masker di berbagai titik keramaian, seperti di Lampu merah POLDA Riau,” imbuhnya.

Program Darurat Asap, HILMI-FPI Riau Bagikan Sebanyak 5000 Masker

Sementara untuk penerjunan para personil relawan dari Laskar dan sayap juang akan segera disiapkan. “Insya Alloh relawan dari daerah luar Provinsi Riau akan tiba di lokasi mulai Senin depan,” kata Roni.

Memang kondisi kebakaran hutan di Riau ini, lanjut Roni, sangat sulit. Karena titik apinya itu berada di lahan gambut dan bukan hanya di permukaan tapi sampai ke dalamnya, sehingga cukup sulit untuk memadamkanya.

Program Darurat Asap, HILMI-FPI Riau Bagikan Sebanyak 5000 Masker

“Sebab, kalau kita tidak hati-hati bisa masuk ke dalamnya dan sudah pasti terbakar. Dahulu salah seorang aparat pernah mengalami korban hingga terbakar. Masuknya sama seperti masuk lumpur namun isinya api semua, dan kita gak mau kejadian lagi pada relawan,” tegas Roni.

Roni hanya bisa berharap, semoga Allah SWT segera menurunkan hujan, sehingga seluruh titik api yang meluas dapat terpadamkan.

“Pesan kami untuk masyarakat Riau, perbanyaklah minum air putih dan makan sayur serta buah-buahan, gunakan Masker serta hindari aktifitas yang kurang penting di luar,” tuntasnya.

Artikel Lainnya :

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Pengobatan Gratis dan Bantuan Medis / Bencana Kabut Asap Meluas, HILMI-FPI Riau Gelar Program Darurat Asap

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram